Menu
Akurat dan Terpercaya

Jelaskan Menurut Pemahamanmu, Mengapa Keberadaan Hewan dan Tumbuhan Memiliki Peran yang Sangat Penting bagi Kehidupan Manusia!

  • Share
Jelaskan Menurut Pemahamanmu, Mengapa Keberadaan Hewan dan Tumbuhan Memiliki Peran yang Sangat Penting bagi Kehidupan Manusia!

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Jelaskan Menurut Pemahamanmu, Mengapa Keberadaan Hewan dan Tumbuhan Memiliki Peran yang Sangat Penting bagi Kehidupan Manusia! Semoga bermanfaat.

Manfaat Hewan Bagi Manusia dan Lingkungan

Hewan dan tumbuhan berperan penting bagi kehidupan manusia dan lingkungan. Hewan dan tumbuhan banyak dimanfaatkan manusia sebagai bahan pangan, bahan sandang, bahan kerajinan, dan lainnya. Selain itu masih banyak lagi manfaat yang bisa dirasakan manusia dari hewan maupun manusia.

Manfaat hewan bagi manusia dan lingkungan:

1. Manfaat Hewan Sebagai Penghasil Bahan Makanan dan Minuman

Salah satu sumber bahan makanan manusia berasal dari hewan. Manusia membutuhkan makanan untuk bertahan hidup dan melakukan aktivitas. Hewan menjadi salah satu penghasil bahan pangan yang penuh dengan nutrisi dan bermanfaat serta menjadi sumber pemenuhan protein yang dibutuhkan tubuh manusia. Sumber protein berasal dari hewan ini kita kenal dengan istilah protein hewani. Hewan dapat menghasilkan bahan makanan berupa daging, telur, susu dan madu.

Hewan penghasil daging dan susu di antaranya: sapi, kambing, kerbau. Hewan penghasil telur dan daging, misalnya: ayam, bebek, dan lainnya. Hewan yang dapat menghasilkan madu adalah lebah. Madu sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia.

2. Manfaat Hewan Sebagai Penghasil Bahan Sandang/Pakaian

Bulu domba dapat dijadikan wol untuk pakaian. Berikutnya hewan yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan sandang atau pakaian adalah ulat sutera. Ulat sutera dapat menghasilkan benang sutera melalui proses pemintalan, akan menghasilkan kain sutera yang memiliki nilai jual yang tinggi. Sapi dan kerbau bisa dimanfaatkan kulitnya sebagai bahan pembuat jaket.

3. Manfaat Hewan Sebagai Bahan Penghasil Kerajinan.

Kulit sapi dan kerbau dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kerajinan wayang kulit. Bulu angsa dapat dimanfaatkan untuk bahan pembuatan kok. Cangkang kerang laut dimanfaatkan sebagai bahan baku hiasan. Kerang juga dapat menghasilkan mutiara yang dapat digunakan manusia untuk perhiasan yang memiliki harga jual yang sangat mahal.

4. Manfaat Hewan Sebagai Penghasil Tenaga

Tenaga hewan dapat digunakan untuk meringankan pekerjaan manusia, misalnya kerbau, sapi, dan kuda. Kerbau sering dimanfaatkan oleh petani untuk membajak sawah. Sapi sering dimanfaatkan untuk menarik gerobak. Kuda dimanfaatkan untuk menarik delman.

5. Manfaat Hewan Sebagai Penghasil Pupuk Organik

Pupuk organik adalah pupuk yang berasal dari materi makhluk hidup, seperti hewan dan tumbuhan.
Kotoran berbagai jenis hewan seperti sapi dan kambing, dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk organik yang baik untuk tanaman. Pupuk organik ini memiliki kelebihan yaitu tidak membahayakan atau mencemari lingkungan.

6. Manfaat Hewan Sebagai Penjaga Keseimbangan Lingkungan

Peran hewan sebagai penjaga keseimbangan lingkungan diwujudkan dengan adanya rantai makanan. Misalnya ular memakan tikus sawah. Jika populasi ular terjaga, perkembangan tikus sawah akan terkendali. Dengan demikian padi akan dapat tumbuh subur.

7. Manfaat Hewan Sebagai Penjaga Kesuburan Tanah.

Beberapa jenis hewan seperti cacing, jangkrik, dan hewan yang membuat lubang atau sarang di tanah mampu menjaga kesuburan tanah. Lubang di tanah memudahkan oksigen masuk ke dalam tanah sehingga tanah akan semakin subur dan menguntungkan bagi tumbuhan.

Tugas Manfaat Hewan Bagi Manusia dan Lingkungan

1. Jelaskan menurut pemahamanmu, mengapa keberadaan hewan dan tumbuhan memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia!

Pembahasan:
Karena hewan dan tumbuhan merupakan sumber daya yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik untuk pangan, sandang, bahan kerajinan, maupun dimanfaatkan untuk meringankan pekerjaan manusia.

2. Apa yang mungkin terjadi jika pemanfaatan hewan untuk memenuhi kebutuhan tidak dilakukan secara bijak oleh manusia?

Pembahasan:
Jika hewan dimanfaatkan secara tidak bijak maka yang mungkin terjadi adalah hewan-hewan tersebut akan mengalami kepunahan.

3. Identifikasi hewan-hewan yang ada di sekitarmu. Sebutkan beberapa jenis hewan yang bisa dimanfaatkan sebagai penghasil bahan makanan bagi manusia!

Pembahasan:
Ayam, bebek, sapi, kambing, ikan.

4. Ulat sutera merupakan salah satu hewan yang bisa dimanfaatkan sebagai penghasil bahan sandang. Ceritakan sesuai pemahamanmu, bagaimana proses pengolahan ulat sutera hingga menjadi benang sutera!

Pembahasan:
Ulat sutera diberi makan daun murbei hingga bermetamorfosis menjadi kepompong. Kepompong direndam dan direbus dengan air panas untuk memisahkan antara serat kepompong dan ulat sutera. Kemudian serat dari kepompong sutera dipintal sehingga menjadi benang sutera.

5. Jelaskan manfaat hewan yang berkaitan dengan peranannya sebagai penjaga keseimbangan lingkungan!

Pembahasan:
Peran hewan sebagai penjaga keseimbangan lingkungan diwujudkan dengan adanya rantai makanan. Misalnya ular memakan tikus sawah. Jika populasi ular terjaga, perkembangan tikus sawah akan terkendali. Dengan demikian padi akan dapat tumbuh subur.

Demikian pembahasan mengenai Jelaskan Menurut Pemahamanmu, Mengapa Keberadaan Hewan dan Tumbuhan Memiliki Peran yang Sangat Penting bagi Kehidupan Manusia!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *