Akurat dan Terpercaya

Jelaskan Kerjasama ASEAN dalam Bidang Sosial Kelas 6 SD

Jelaskan Kerjasama ASEAN dalam Bidang Sosial Kelas 6 SD

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Jelaskan Kerjasama ASEAN dalam Bidang Sosial Kelas 6 SD.

Ananda yang hebat, Apakah Kalian ada yang pernah menjadi ketua kelas di kelasmu sendiri, atau menjadi ketua dalam suatu kelompok atau organisasi? Menjadi ketua dari suatu kelompok atau organisasi, berarti menjadi pemimpin dari kelompok tersebut dan bertanggung jawab terhadap prestasi dan kemajuan kelompok tersebut. Pemimpin yang baik, harus menjadi contoh yang baik dan idola bagi anggotanya.

Indonesia pernah menjadi ketua organisasi ASEAN tahun 2011 – 2015 . Sebagai ketua ASEAN, Indonesia juga berperan sebagai pemimpin ASEAN dalam setiap kegiatan atau kerjasama di lingkungan ASEAN. Apa dan bagaimana kerjasama ASEAN dalam bidang sosial budaya? Untuk mendalami hal tersebut, silakan disimak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi agar dapat dipelajari lebih lanjut.

Ananda yang hebat sebagai evaluasi, jawablah pertanyaan di bawah ini.

1. Jelaskan kerjasama ASEAN dalam bidang sosial!

Pembahasan:
Kerjasama ASEAN dalam bidang sosial:
(1) Pembentukan kelompok kerja ASEAN
(2) Pembentukan kelompok kerja kota-kota ASEAN berwawasan lingkungan
(3) Penanganan bencana alam yang terjadi di negara ASEAN. Hal ini penting dilakukan mengingat kawasan ASEAN terletak di kawasan rawan bencana.

2. Jelaskan kerjasama ASEAN dalam bidang budaya!

Pembahasan:
Kerjasama ASEAN dalam bidang budaya:
(1) Pertukaran pemuda dan pelajar antarnegara ASEAN. Para pemuda dan pelajar memiliki kesempatan untuk mempelajari budaya negara setempat.
(2) Penyelenggaraan perlombaan olahraga antar negara di Asia Tenggara yang diikuti oleh atlet-atlet dari seluruh anggota ASEAN. Contohnya adalah Sea Games.

3. Apakah Kamu mempunyai seorang pemimpin idola? Jelaskan alasanmu memilih pemimpin idola?

Pembahasan:
Saya mempunyai pemimpin idola. Karena dia bertanggung jawab sebagai pemimpin dan selalu bijaksana dalam mengatasi permasalahan.

Demikian pembahasan mengenai Jelaskan Kerjasama ASEAN dalam Bidang Sosial Kelas 6 SD. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *