Menu
Akurat dan Terpercaya

Jelaskan Apa yang Kamu Ketahui Tentang Energi Alternatif Kelas 6 SD

  • Share
Jelaskan Apa yang Kamu Ketahui Tentang Energi Alternatif Kelas 6 SD

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai energi alternatif. Pembahasan akan fokus kepada Jelaskan Apa yang Kamu Ketahui Tentang Energi Alternatif. Semoga bermanfaat.

Anak cerdas, tahukah kalian, mengapa kita harus menghemat penggunaan energi listrik?. Ya benar!. Jika kita menggunakan energi listrik secara berlebihan, akan mengakibatkan habisnya pasokan listrik di bumi. Hal ini terjadi karena bakar yang digunakan untuk energi listrik tidak dapat diperbaharui.

Untuk menghemat energi listrik kita bisa memanfaatkan sumber energi alternatif. Energi alternatif, atau sering disebut sebagai energi terbarukan merupakan energi yang berasal dari alam. Sumber energi alternatif yang ada di alam jumlahnya tidak terbatas atau memiliki jangka waktu habis yang lama.

Salah satu sumber energi alternatif adalah sinar matahari. Selain itu, masih ada beberapa sumber energi alternatif yang ada di alam, diantaranya :arus air, angin, ombak laut, panas bumi, dll. Bagaimana Sinar matahari bisa dijadikan sumber energi alternatif penghasil listrik?. Untuk lebih jelasnya, Ananda simak pada link video berikut ini :

Bagaimana anak cerdas Setelah menyimak video di atas? Ananda tentunya sudah lebih memahami bagaimana sinar matahari bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif penghasil listrik.

Selanjutnya, sebagai bahan evaluasi, kerjakan latihan soal latihan berikut ini!

1. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang energi alternatif! Tuliskan contohnya!

Pembahasan:
Energi alternatif atau disebut energi terbarukan merupakan energi yang berasal dari alam. Energi alternatif juga lebih ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan sumber energi alternatif bebas polusi. Sumber energi alternatif yang ada di alam jumlahnya tidak terbatas atau memiliki jangka waktu habis yang lama.
Contoh sumber energi alternatif antara lain:
(1) Sinar matahari
(2) Arus air
(3) Angin
(4) Ombak laut
(5) Kotoran ternak
(6) Limbah pertanian
(7) Panas bumi

2. Bagaimana cara memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energi alternatif?

Pembahasan:
Untuk bisa memanfaatkan energi matahari sebagai pembangkit listrik dibutuhkan alat yang bisa mengubah panas matahari menjadi listrik. Alat itu disebut dengan panel surya.
Panel surya merupakan lempengan logam yang mampu mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Lempengan logam tersebut dirakit dalam jumlah yang banyak dan saling terhubung. Semakin banyak logam rakitan semakin besar energi listrik yang dihasilkan.

3. Apakah keunggulan energi listrik tenaga surya jika dibandingkan dengan energi listrik yang berasal dari pembakaran fosil?

Pembahasan:
Keunggulan energi listrik tenaga surya jika dibandingkan dengan energi listrik yang berasal dari pembakaran fosil antara lain:
(1) Jumlahnya berlimpah di alam
(2) Tidak memancarkan emisi gas rumah kaca yang berbahaya seperti dalam pembakaran bahan bakar fosil.
(3) Lebih ramah lingkungan karena bebas polusi

4. Bagaimana cara kerja panel surya dalam menampung energi panas matahari? Jelaskan dalam bentuk skema sederhana!

Pembahasan:
Cara kerja panel surya:
(1) Panel surya mengubah energi matahari menjadi arus searah DC atau dirrect current
(2) Daya DC yang dihasilkan panel surya dihubungkan kotak inverter
(3) Kotak inverter ini mengubah arus DC menjadi arus bolak-balik AC atau alternating current
(4) Arus AC yang dibutuhkan di rumah disalurkan ke panel distribusi untuk kemudian disalurkan ke peralatan listrik di rumah
(5) Panel distribusi juga terhubung ke digital meter yang berfungsi mengukur penggunaan listrik di rumah
(6) Kelebihan arus pada kotak inverter akan disalurkan ke tempat penyimpanan (baterai) atau jaringan listrik, sesuai instalasi rumahnya

Gambar Skema

Bagaimana cara kerja panel surya dalam menampung energi panas matahari? Jelaskan dalam bentuk skema sederhana!

Demikian pembahasan mengenai Jelaskan Apa yang Kamu Ketahui Tentang Energi Alternatif Kelas 6 SD. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *