Pengumuman:
Bagi yang ingin bertanya soal, silakan mengirim soal dalam bentuk pdf melalui massanger facebook Osnipa. Tim Osnipa akan berusaha memberikan referensi jawaban. Terimakasih.
Akurat dan Terpercaya

Jelaskan Apa Itu Wirausaha! Kelas 6 SD

Jelaskan Apa Itu Wirausaha! Kelas 6 SD

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Jelaskan Apa Itu Wirausaha! Kelas 6 SD. Semoga bermanfaat.

Anak cerdas, Sebuah usaha tidak akan mungkin mencapai kesuksesan tanpa kerja keras. Sikap kerja keras, merupakan salah satu kunci tercapainya kesuksesan.

Salah satu kegiatan usaha yang dilakukan adalah dengan mendirikan usaha sendiri, yang disebut sebagai wirausaha. Kegiatan wirausaha menghasilkan beragam kebutuhan masyarakat, misalnya barang ataupun jasa.

Beberapa sektor wirausaha masyarakat bisa dilakukan pada berbagai sektor, misalnya wirausaha dibidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, perindustrian, dan lain-lain.

Perbedaan kegiatan wirausaha bukan menjadi penghalang untuk saling menghormati dan menghargai. Keberagaman wirausaha sangat bermanfaat karena dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Jika kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi, maka kesejahteraan masyarakat dapat meningkat. Bagaimana dan apa saja sektor wirausaha yang yang dijalankan masyarakat Indonesia?. Untuk mendalami materi tersebut, silahkan Ananda simak penjelasannya pada link video berikut ini:

Bagaimana penjelasan pada video tersebut, menarik bukan? Selanjutnya sebagai bahan evaluasi, kerjakan latihan soal berikut ini!

1. Jelaskan apa itu wirausaha!

Pembahasan:
Wirausaha adalah sebuah kegiatan ekonomi yang didirikan oleh seseorang dengan modal dan kemampuan yang dimiliki oleh pemiliknya.

2. Sebutkan contoh keberagaman kegiatan wirausaha masyarakat!

Pembahasan:
Contoh keberagaman kegiatan wirausaha masyarakat antara lain:
(1) Sektor Pertanian dan perkebunan contohnya bertani padi, jagung, kedelai dan berkebun kopi, teh, cengkeh, kina.
(2) Sektor Peternakan seperti beternak sapi, kambin, bebek, ayam
(3) Sektor Perikanan contohnya nelayan, penambak ikan, budidaya ikan, udang serta rumput laut
(4) Sektor Perindustrian contohnya di rumah, misalnya kerajinan, usaha mebel, konveksi, di pabrik, misalnya: industri tekstil, kertas, elektronik
(5) Sektor Perdagangan contohnya pedagang sate, bakso warung, minimarket, supermarket
(6) Sektor Jasa contohnya Guru, Dokter, Penulis, Polisi, Tukang becak, Tukang Parkir, Sopir, Pilot

3. Mengapa antar pemilik usaha harus saling menghargai dan menghormati? Jelaskan pendapatmu!

Pembahasan:
Antar pemilik usaha harus saling menghargai dan menghormati karena perbedaan usaha yang dilakukan membuat pemilik dapat bekerja sama dalam menjalankan usahanya. Jika antar pemilik usaha saling menghormati dan menjalin kerja sama tentu beragam kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi. Misalnya seorang pedagang sembako jika tidak bekerja sama atau tidak ada petani, peternak, nelayan tentu tidak ada barang yang bisa dia jual.

4. Amati gambar berikut! Bagaimana keberagaman usaha di bawah membantumu dalam kehidupan sehari-hari?

Amati gambar berikut! Bagaimana keberagaman usaha di bawah membantumu dalam kehidupan sehari-hari?

Pembahasan:
Jasa ojek online dan warung sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ojek online bermanfaat sebagai sarana transportasi dan memudahkan kita dalam memesan dan mengantar makanan. Sedangkan warung membantu kita menyediakan kebutuhan sehari-hari misalnya sembako.

Demikian pembahasan mengenai Jelaskan Apa Itu Wirausaha! Kelas 6 SD. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.