Informasi yang Terkandung dalam Teks Monumen Nasional

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai mencari informasi yang terdapat dalam teks bacaan. Pembahasan akan fokus kepada Informasi yang Terkandung dalam Teks Monumen Nasional. Semoga bermanfaat.

Monumen Nasional

Monumen nasional atau sering disebut Monas merupakan salah satu kebanggaan bangsa Indonesia, khususnya warga Jakarta. Monas merupakan tugu peringatan untuk mengenang perjuangan Bangsa Indonesia pada masa revolusi kemerdekaan tahun 1945. Monas termasuk 37 benda cagar budaya DKI Jakarta tingginya yang mencapai 132 meter berdiri di atas tanah seluas 80 hektar. Monas mulai dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 dan mulai dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975.

Monas merupakan tujuan wisata yang dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar. Pada dinding dalam terdapat rangkaian peristiwa sejarah bangsa Indonesia dari mulai jaman penjajahan Belanda sampai jaman pembangunan. Sejarah tersebut diukir dalam bentuk relief timbul yang indah. Pada puncak tugu menumen terdapat lidah api (obor) yang berlapis emas seberat 50 kilogram. Obor tersebut melambangkan semangat perjuangan rakyat Indonesia dalam meraih kemerdekaan.

Informasi yang Terkandung dalam Teks Monumen Nasional

1. Apa itu monas?
Monas merupakan tugu peringatan untuk mengenang perjuangan Bangsa Indonesia pada masa revolusi kemerdekaan tahun 1945.

2. Kapan Monas mulai dibangun?
Monas mulai dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961
Kapan Monas mulai dibuka untuk umum?
Tanggal 12 Juli 1975

3. Dimana letak Monas?
Monas terletak di DKI Jakarta

4. Siapa

5. Mengapa Monas dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar?
Karena pada dinding dalam terdapat rangkaian peristiwa sejarah bangsa Indonesia dari mulai jaman penjajahan Belanda sampai jaman pembangunan.

6. Bagaimana bentuk puncak tugu Monas?
Puncak tugu Monas berbentuk lidah api (obor) yang berlapis emas seberat 50 kilogram.

Demikian pembahasan mengenai Informasi yang Terkandung dalam Teks Monumen Nasional. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *