Akurat dan Terpercaya
Indeks

Informasi yang Terdapat pada Bacaan Balaputradewa Raja Kerajaan Sriwijaya Kelas 4 SD

Informasi yang Terdapat pada Bacaan Balaputradewa Raja Kerajaan Sriwijaya Kelas 4 SD

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai Informasi yang Terdapat pada Bacaan Balaputradewa Raja Kerajaan Sriwijaya Kelas 4 SD. Semoga bermanfaat.

Anak-anak hebat, kali ini kita akan belajar menuliskan informasi yang terdapat pada sebuah teks nonfiksi. Tahukah kamu apa itu teks nonfiksi?

Teks nonfiksi adalah sebuah karangan atau teks yang dibuat berdasarkan fakta. Misalnya: buku tentang ilmu pengetahuan, kisah sejarah, biografi, dan masih banyak lagi.

Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk menuliskan informasi yang terdapat pada teks nonfiksi yaitu de ngan menjawab pertanyaan. Nah Anak-anak hebat, sekarang kita baca bersama teks tentang Raja Balaputradewa berikut ini yuk!

Balaputradewa Raja Kerajaan Sriwijaya

Balaputradewa menjadi raja di Kerajaan Sriwijaya sekitar tahun 850 M. Pada saat pemerintahan Raja Balaputradewa, Kerajaan Sriwijaya mencapai puncak kejayaannya dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan.

Balaputradewa Raja Kerajaan Sriwijaya

Balaputradewa berjuang membangun armada laut yang kuat. Tindakan itu bertujuan supaya jalur pelayaran di wilayah Sriwijaya menjadi aman. Banyak pedagang merasa aman ketika singgah. Peningkatan ekonomi diperoleh dari pembayaran upeti, pajak, maupun keuntungan dari hasil perdagangan. Dengan demikian, Sriwijaya berkembang menjadi kerajaan yang besar dan makmur.

Selanjutnya coba kalian tuliskan informasi yang terdapat pada bacaan tersebut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

Selanjutnya coba kalian tuliskan informasi yang terdapat pada bacaan tersebut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

Jelaskan hal-hal yang akan terjadi jika Balaputradewa tidak memimpin Sriwijaya!

Pembahasan:
Jika tidak dipimpin oleh Balaputradewa, kerajaan Sriwijaya tidak akan mencapai puncak kejayaannya dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan. Kerajaan Sriwijaya tidak akan memiliki armada laut yang kuat.

Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Raja Balaputradewa?

Pembahasan:
Balaputradewa berjuang membangun Sriwijaya sebagai kerajaan Nusantara pertama dengan wilayah yang sangat luas. Balaputradew menjadikan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim karena kekuatan angkatan laut yang tangguh dan wilayah perairan yang luas. Balaputradewa menjadikan Sriwijaya sebagai pusat penyebaran agama Budha dengan banyaknya perguruan tinggi Budha. Baplaputrdewa menjadikan Sriwijaya sebagai pusat perdagangan sehingga banyak kapal yang singgah.

Berikan pendapatmu apakah Raja Balaputradewa dapat disebut sebagai pahlawan pada masa Kerajaan Sriwijaya? Jelaskan jawabanmu!

Pembahasan:
Menurut pendapat saya Raja Balaputradewa adalah pahlawan bagi rakyatnya karena beliau telah berani dan pantang menyerah berjuang untuk rakyatnya sehingga rakyatnya hidup aman dan sejahtera. Kerajaan Sriwijaya bahkan mencapai puncak kejayaana dibawah kepemimpinan Balaputradewa.

Sikap kepahlawanan apa yang dimiliki oleh Balaputradewa?

Pembahasan:
Sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Balaputradewa adalah berani dan pantang menyerah dalam membangun armada laut sehingga keamanan dan kesejahteraan rakyatnya terjamin.

Apa hasil dari perjuangan Raja Balaputradewa terhadap Kerajaan Sriwijaya?

Pembahasan:
Kerajaan Sriwijaya berkembang menjadi kerajaan yang besar dan makmur.

Demikian pembahasan mengenai Informasi yang Terdapat pada Bacaan Balaputradewa Raja Kerajaan Sriwijaya Kelas 4 SD. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.