Menu
Akurat dan Terpercaya

Informasi Penting Teks Ekplanasi “Globalisasi dan Manfaatnya” Kelas 6 SD

  • Share
Informasi Penting Teks Ekplanasi "Globalisasi dan Manfaatnya" Kelas 6 SD

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Informasi Penting Teks Ekplanasi “Globalisasi dan Manfaatnya” Kelas 6 SD. Semoga bermanfaat.

Informasi Teks Eksplanasi Secara Lisan

Dalam menyajikan informasi penting teks eksplanasi dapat dilakukan secara:
(1) Tertulis
(2) Lisan
(3) Visual

Informasi penting dari teks eksplanasi dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu:
(1) Mengambil informasi yang sesuai dengan kalimat dalam teks eksplanasi
(2) Menggunakan kata-kata sendiri, namun tidak terlepas dari isi teks eksplanasi

Cara menggali informasi teks eksplanasi:
(1) Membaca atau mendengarkan teks dengan seksama
(2) Menentukan topik yang dibicarakan dalam teks
(3) Menentukan informasi penting dari masing-masing paragraf dengan memperhatikan struktur teks eksplanasi.
(4) Menggabungkan topik dan informasi penting menjadi sebuah ringkasan informasi

Membaca Teks dengan Seksama

Teknologi SEO

Pernahkah kamu mendengar istilah SEO? SEO merupakan singkatan dari search engine optimization mulai pada tanggal 26 Juli 1997 pada pesan spam di Usenet. Pada masa itu, mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Kemunculan SEO menginspirasi Larry Page dan Sergey Brin untuk menciptakan Backrub. Mesin tersebut merupakan sistem pencarian sederhana menggunakan perihitungan matematika untuk membuat peringkat daftar pencarian. Backrub diubah menjadi Google pada tahun 1998.
SEO dapat digunakan untuk membuat suatu konten agar berada di halaman utama mesin pencarian. Semakin baik posisi sebuah website dalam mesin pencarian untuk kata kunci tertentu, semakin besar traffic yang diperoleh. Traffic dapat dimonetisasi.

(a) Menentukan topik yang dibicarakan dalam teks
Topik yang dibicarakan dalam teks adalah SEO (Search Engine Optimization)

(b) Menentukan Informasi Penting
Paragraf 1 : SEO merupakan singkatan dari search engine optimization mulai dikenal pada tanggal 26 Juli 1997 pada pesan spam di Usenet.
Paragraf 2 : Kemunculan SEO menginspirasi Larry Page dan Sergey Brin untuk menciptakan Backrub sistem pencarian sederhana menggunakan perhitungan matematika untuk membuat peringkat daftar pencarian.
Paragraf 3 : SEO dapat digunakan untuk membuat suatu konten agar berada di halaman utama mesin pencarian.

(c) Menggabungkan topik dan informasi menjadi sebuah ringkasan
SEO merupakan singkatan dari search engine optimization yang mulai dikenal pada tanggal 26 Juli 1997 pada pesan spam di Usenet. Kemunculan SEO menginspirasi Larry Page dan Sergey Brin untuk menciptakan Backrub, yaitu sistem pencarian sederhana menggunakan perhitungan matematika untuk membuat peringkat daftar pencarian. Backrub diubah menjadi Google pada tahun 1998. SEO dapat digunakan untuk membuat suatu konten agar berada di halaman utama mesin pencarian.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyajikan teks eksplanasi secara lisan:
(1) Sampaikan informasi dengan suara nyaring.
(2) Gunakan intonasi dan ekspresi yang sesuai dengan isi informasi.
(3) Ucapkan setiap kata dengan artikulasi yang tepat agar lebih mudah dipahami.
(4) Saat menyampaikan informasi, pandangan ke arah pendengar.

Bacalah Teks Eksplanasi berikut!

Globalisasi dan Manfaatnya

Globalisasi yang terjadi pada masyarakat Indonesia saat ini, telah memberikan banyak manfaat. Secara garis besar, telah terjadi perubahan yang luar biasa di berbagai bidang, diantaranya dalam bidang sosial budaya, teknologi transportasi dan ekonomi.

Dari sudut kebudayaan, globalisasi dapat memperluas wawasan budaya, meningkatkan kemampuan bahasa asing, meningkatkan pengetahuan, mengubah sikap mental ke arah yang lebih baik, meningkatkan produktivitas kerja, dan memberikan arah dalam perilaku.

Dalam bidang teknologi, globalisasi telah banyak membawa perubahan yang begitu besar bagi kehidupan bangsa Indonesia. Kemajuan zaman menyebabkan terjadinya perkembangan terhadap teknologi informasi. Contoh, dengan adanya internet kita bisa mengetahui tentang apa saja yang belum kita ketahui. Selain itu perkembangan dan perubahan juga terjadi di bidang teknologi transportasi. Contoh, dengan adanya transportasi melalui udara kita bisa mencapai suatu tujuan dengan cepat.

Globalisasi juga membawa dampak terhadap kehidupan bangsa Indonesia dalam bidang ekonomi seperti, Globalisasi mampu meningkatkan kemampuan berkompetisi dan meningkatkan kualitas produksi dalam negeri untuk meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat.

Dengan begitu banyak manfaat yang diperoleh akibat globalisasi, sudah sepantasnya kita tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, kini waktunya kita berubah, mengikuti perkembangan teknologi informasi dengan tetap menjaga adat dan budaya Indonesia.

Informasi Penting Teks Ekplanasi “Globalisasi dan Manfaatnya”

Setelah membaca teks yang berjudul “Globalisasi dan Manfaatnya”, temukan informasi penting dari teks eksplanasi tersebut dan sampaikan dalam bentuk lisan!

Pembahasan:
Informasi penting
Paragraf 1: Globalisasi yang terjadi pada masyarakt Indonesia memberikan banyak manfaat dan menyebabkan terjadinya perubahan yang luar biasa di berbagai bidang.
Paragraf 2: Dari sudut kebudayaan, globalisasi dapat memperluas wawasan budaya, meningkatkan produktivitas kerja, dan memberikan arah dalam perilaku.
Paragraf 3: Dalam bidang teknologi, globalisasi menyebabkan terjadinya perkembangan teknologi informasi misalnya internet dan teknologi transportasi contohnya transportasi udara.
Paragraf 4: Globalisasi juga membawa dampak dalam bidang ekonomi seperti kemampuan berkompetisi dan meningkatkan kualitas produksi dalam negeri untuk meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat.
Paragraf 5: Dengan banyaknya manfaat globalisasi, kini waktunya kita berubah mengikuti perkembangan teknologi informasi dengan tetap menjaga adat dan budaya indonesia.

Ringkasan:
Globalisasi yang terjadi pada masyarakt Indonesia memberikan banyak manfaat dan menyebabkan terjadinya perubahan yang luar biasa di berbagai bidang. Dari sudut kebudayaan, globalisasi dapat memperluas wawasan budaya, meningkatkan produktivitas kerja, dan memberikan arah dalam perilaku. Dalam bidang teknologi, globalisasi menyebabkan terjadinya perkembangan teknologi informasi misalnya internet dan teknologi transportasi contohnya transportasi udara. Globalisasi juga membawa dampak dalam bidang ekonomi seperti kemampuan berkompetisi dan meningkatkan kualitas produksi dalam negeri untuk meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat. Dengan banyaknya manfaat globalisasi, kini waktunya kita berubah mengikuti perkembangan teknologi informasi dengan tetap menjaga adat dan budaya indonesia.

Demikian pembahasan mengenai Informasi Penting Teks Ekplanasi “Globalisasi dan Manfaatnya” Kelas 6 SD. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *