Akurat dan Terpercaya

Identifikasi Keunikan Gerak Tari Daerah Kelas 4 SD

Identifikasi Keunikan Gerak Tari Daerah Kelas 4 SD

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai Identifikasi Keunikan Gerak Tari Daerah Kelas 4 SD.

Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman. Salah satu keberagaman yang ada di Indonesia yaitu tarian daerah. Teman-teman kalian dalam satu kelas pasti berasal dari daerah yang berbeda-beda. Setiap daerah memiliki keunikan tersendiri.

Salah satu keunikan suatu daerah terdapat pada tariannya. Setiap daerah memiliki tarian daerah yang berbeda. Ragam gerak tari dari berbagai daerah juga berbeda-beda. Setiap daerah memiliki ciri khas pada gerak tari. Sebagai contoh ciri-ciri gerak tari yang terdapat pada gerak tari Bali dan tari Sumatra. Apa saja ciri-ciri gerak tari? Mari kita simak penjelasan berikut ini!

Identifikasi Keunikan Gerak Tari Daerah Kelas 4 SD

Sekarang coba kalian identifikasi keunikan gerak tari dari daerahmu dengan menjawab pertanyaan berikut ini!

1. Berasal dari daerah manakah kamu?

Pembahasan:
Saya berasal Jakarta

2. Apakah daerahmu memiliki tari daerah?

Pembahasan:
Daerah saya memiliki tari daerah

3. Tari apa yang terdapat di daerah asalmu?

Pembahasan:
Tari Yapong

4. Bagaimana gerak tari yang berasal dari daerahmu?

Pembahasan:
Tari yapong yang termasuk jenis tari kontemporer juga memasukan beberapa gerakan tari khas Sumatera. Sementara, untuk pola lantai tari yapong memakai gari lurus dan melengkung. Setiap penari akan menari secara berkelompok dengan jumlah sekitar 5-10 penari. Adapun gerakan tari yapong secara lengkapnya bisa dijelaskan sebagai berikut:
(1) Gerak Megol Lembehan: untuk penari laki-laki, mereka akan meletakan ibu jari di bagian pinggul. Sedangkan bagi penari perempuan ditempelkan di dada. Dalam gerakan ini, posisi kaki penari akan berjalan di tempat dengan tangan kiri diletakkan di dada.
(2) Enjer Loncat Ketika: gerakan ini mengharuskan penari membengkokan salah satu tangan, dan tangan lainnya dibiarkan lurus. Kemudian dia akan melompat ke arah tangan yang dibengkokkan.
(3) Singgetan Ngigel Gerakan: saat posisi tangan berada di depan mata, penari akan melakukan gerakan putaran (ngigel) .
(4) Gerak Yapong: adalah gerakan terakhir. Penari akan meletakan tangan di atas kepala, dan membuka telapak tangan. Gerakannya seperti menyapu angin dari kiri ke kanan.

5. Apa keunikan gerak tari dari daerahmu? Jelaskan!

Pembahasan:
Keunikan tari Yapong terletak pada gerakan sederhana namun dinamis yang melibatkan kaki, tangan, dan pinggul penarinya. Selain itu, secara keseluruhan kostum serta properti tari Yapong terinspirasi dari unsur-unsur pada budaya suku Betawi.
Kostum yang digunakan penari tari yapong hampir mirip dengan busana topeng Betawi. Mereka akan mengenaikan pakaian berwarna terang dan ditambahkan kain khas Betawi.

Demikian pembahasan Osnipa mengenai Identifikasi Keunikan Gerak Tari Daerah Kelas 4 SD. Semoga bermanfaat.

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *