Ide Pokok Teks “Keunikan Pakaian Adat Wanita Minangkabau”

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan membahas ide pokok dari setiap paragraf teks “Keunikan Pakaian Adat Wanita Minangkabau”. Semoga bermanfaat.

Teks “Keunikan Pakaian Adat Wanita Minangkabau”

Keunikan Pakaian Adat Wanita Minangkabau

Setiap daerah mempunyai pakaian adat. Begitu pula dengan daerah Minang di Sumatra Barat. Pakaian adat bagi wanita Minang sering disebut Limpapeh Rumah Nan Gadang.

Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan Gadang ini terdiri atas beberapa bagian. Setiap bagian memiliki keunikan masing-masing. Berikut ini adalah bagian-bagian dari Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan Gadang.

Bagian paling atas adalah penutup kepala berbentuk runcing (gonjong) menyerupai bentuk atap rumah Minangkabau. Penutup kepala ini disebut tingkuluak. Namun, para pengantin biasanya memakai hiasan yang disebut suntiang.

Selanjutnya adalah baju adat yang disebut baju batabue. Baju ini penuh dengan hiasan benang emas yang melambangkan kekayaan alam Minangkabau. Corak hiasan benang emas beragam. Pada pinggir baju ada batas yang diberi benang emas dan disebut minsie. Baju bagian bawah berupa kain atau sarung yang disebut lambak. Kain sarung dapat berupa kain tenun atau kain songket. Wanita Minang juga mengenakan selendang yang disebut salempang.

Sebagai pelengkap, pakaian adat ini juga dilengkapi dengan perhiasan. Perhiasan yang dikenakan berupa gelang dan kalung. Gelang biasa disebut galang. Kalung biasa disebut dukuah.

1. Tuliskan ide pokok dari dari setiap paragraf di atas!

Paragraf Ke-Ide Pokok
1Pakaian adat wanita Minang disebut Limpapeh Rumah Nan Gadang.
2Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan Gadang terdiri atas beberapa bagian.
3Bagian paling atas penutup kepala berbentuk runcing (gonjong) menyerupai bentuk atap rumah Minangkabau disebut tingkuluak.
4Baju adat disebut baju batabue dan baju bagian bawah disebut lambak.
5Pakaian ini juga dilengkai perhiasan gelang yang disebut galang dan kalung yang disebut dukuah.

2. Rangkailah informasi yang kamu peroleh berdasarkan ide pokok di atas ke dalam sebuah paragraf!

Pakaian adat wanita Minang disebut Limpapeh Rumah Nan Gadang. Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan Gadang terdiri atas beberapa bagian. Bagian paling atas penutup kepala berbentuk runcing (gonjong) menyerupai bentuk atap rumah Minangkabau disebut tingkuluak. Selanjutnya baju adat yang disebut baju batabue dan baju bagian bawah disebut lambak. Pakaian ini juga dilengkai perhiasan gelang yang disebut galang dan kalung yang disebut dukuah.

Demikian pembahasan mengenai Ide Pokok Teks “Keunikan Pakaian Adat Wanita Minangkabau”. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *