Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Masyarakat Terhadap Kesehatan Lingkungan

Hai adik-adik kelas 5 SD, kita sudah belajar mengenai kita sudah pernah belajar tentang hak, kewajiban dan tanggung jawab. Ketiganya memiliki pengertian yang berbeda satu sama lain tetapi saling berkaitan. Hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara bertanggung jawab.sebaliknya tanggung jawab tercermin dari cara kita melaksanakan kewajiban.

Peran kita sebagai warga masyarakat terlihat dari bagaimana kita menyikapi antara hak kewajiban serta tanggung jawab. Kita sebagai warga masyarakat tinggal dalam suatu lingkungan. Lingkungan yang bersih dan sehat sudah pasti diinginkan oleh semua warga, karena jika lingkungan sehat maka akan bebas dari sarang penyakit. Untuk itu penting bagi setiap warga untuk selalu menerapkan pola hidup bersih.

Menciptakan lingkungan yang sehat termasuk salah satu tanggung jawab kita sebagai warga masyarakat. Tanggung jawab tersebut bisa tercermin dari hak yang kita peroleh dan kewajiban yang kita lakukan.

Berikut merupakan contoh hak dan kewajiban selaku warga masyarakat terhadap kesehatan lingkungan.

NoHakKewajiban
1.Mendapat udara yang
bersih.
Menjaga kebersihan
udara.
2.Tinggal di lingkungan yang bersih.Menjaga kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan bekerja bakti membersihkan lingkungan.
3.Mendapat udara segar.Menjaga dan memilihara pohon yang ada di sekitar.
4.Mandi di sungai yang bersih.Menjaga kebersihan sungai.
5.Menikmati taman yang indah.Menjaga kebersihan taman dan merawat tanaman.
6.Bermain di lapangan yang bersih.Menjaga kebersihan lapangan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *