Hak Anak di Rumah dan Penjelasan

Hai adik-adik kelas 5 SD, Osnipa akan membahas tentang hak anak di rumah. Pembahasan akan kita fokuskan pada contoh hak anak di rumah dan penjelasannya. Semoga bermanfaat.

Hak-Hak Anak di Rumah

Hak adalah segala sesuatu yang diperoleh manusia sejak lahir dan penggunaannya tergantung pada peran yang dimiliki.

Hak beragam wujudnya sesuai lingkungan tempat tinggal. Jika kita menjalankan kewajiban dan tanggung jawab dengan benar kita akan mendapatkan hak. Berikut Hak anak di rumah dan penjelasan:

1. Anak Berhak Tahu Keluarganya dan Identitas Dirinya

Anak berhak tahu nama lengkap kedua orangtua. Anak berhak tahu asal usul kedua orangtua.

2. Anak Berhak Mendapat Kasih Sayang dari Orangtuanya

Setiap anak berhak mendapat kasih sayang dari kedua orangtuanya. Dengan begitu anak merasa dicintai sepenuhnya. Perhatian kepada anak adalah salah satu bentuk kasih sayang terhadap anak. Perhatian ini dapat terjadi karena interaksi setiap hari di rumah.

3. Anak Berhak Mendapatkan Perlindungan

Setiap anak, laki-laki maupun perempuan berhak dilindungi dari berbagai macam kekerasan. Baik itu kekerasan fisik, verbal, psikis, maupun perlakuan yang dapat merugikan atau membahayakan anak. Perlindungan bisa berupa larangan misalnya, melarang untuk berpergian tanpa ada pengawasan dari orang tua.

4. Anak Berhak untuk Bermain

Bagi anak, bermain merupakan salah satu cara untuk belajar. Melalui bermain, anak dapat mempelajari hal-hal yang ada di sekitarnya. Selain itu, bermain memiliki banyak manfaat untuk anak jika dilakukan bersama orangtua.

5. Anak Berhak Mendapatkan Kesejateraan

Kesejahteraan hidup yang dimaksud adalah hal-ha yang membuat anak merasa nyaman dan tidak merasa kesulitan. Kesejahteraan dapat berupa memenuhi kebutuhannya. Pakaian, uang jajan, sepatu yang nyaman, bahkan rekreasi. Rekreasi merupakn hak anak yang dapat membuat anak tumbuh dengan bahagia. Selain menjadi momen berkumpul bersama keluarga, rekreasi juga dapat menjadi cara untuk belajar yang baik bagi anak.

Tabel Hak-Hak Anak di Rumah dan Penjelasan

NoHak Anak di RumahPenjelasan
1.Mengetahui keluarga dan identitas dirinyaAnak berhak tahu asal usul kedua orangtuanya.
2.Mendapat Kasih SayangAnak berhak mendapatkan kasih sayang dari orangtuanya melalui perhatian orangtua kepada anaknya.
3. Mendapat perlindunganAnak berhak mendapatkan perlindungan dari kekerasan fisik, verbal, psikis, maupun perlakuan yang dapat merugikan atau membahayakan anak.
4.BermainAnak berhak untuk bermain
5.Mendapatkan kesejahteraanAnak berhak untuk dipenuhi segala kebutuhan baik itu kebutuhan pangan, sandang, dan papan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *