Pengumuman:
Bagi yang ingin bertanya soal, silakan mengirim soal dalam bentuk pdf melalui massanger facebook Osnipa. Tim Osnipa akan berusaha memberikan referensi jawaban. Terimakasih.
Akurat dan Terpercaya

Gerhana Matahari Kelas 6 SD

Gerhana Matahari Kelas 6 SD

Hai adik-adik kelas 6 SD, kali ini Osnipa akan membahas tentang salah satu fenomena yang terjadi di angkasa luar, yaitu Gerhana Matahari. Gerhana matahari terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bumi tertutup oleh bayangan bulan. Pada saat itu, bulan berada diantara matahari dan bumi. Bagaimana proses terjadinya gerhana matahari?. Apa saja jenis-jenis gerhana matahari? Untuk mengetahui hal tersebut, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Apakah ananda tahu, Neil Alden Armstrong dari Amerika Serikat?. Beliau merupakan tokoh penjelajah angkasa luar pertama yang berhasil menjejakkan kakinya dan berjalan di atas permukaan bulan.Teknologi untuk mempelajari ruang angkasa terus dikembangkan. Fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar angkasa berhasil diungkap.

Berkaitan dengan hal tersebut, Hari ini, kita akan membahas tentang salah satu fenomena yang terjadi di angkasa luar, yaitu Gerhana Matahari. Gerhana matahari terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bumi tertutup oleh bayangan bulan. Pada saat itu, bulan berada diantara matahari dan bumi. Bagaimana proses terjadinya gerhana matahari?. Apa saja jenis-jenis gerhana matahari?. Untuk mengetahui hal tersebut, Ananda silahkan simak tayangan video pada link berikut ini.

Gerhana Matahari

Gerhana matahari terjadi saat kedudukan matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis lurus pada kedudukan demikian cahaya matahari ke bumi terhalang oleh bulan. Akibatnya terjadi bayangan bulan di permukaan bumi.

Gerhana matahari terjadi pada siang hari. Kejadian tersebut terjadi setiap peritiwa bulan baru yang kemungkinan piringan bulan menutupi piringan matahari.

Matahari berukuran 400 kali ukuran bulan dan berjarak 400 kali lebih jauh dari bulan. Hal ini menyebabkan matahari dan bulan terlihat sama besar jika dilihat dari bumi. Orbit bulan mengitari bumi bukanlah lingkaran sempurna tetapi berbentuk elips ketika bulan berada lebih dekat ke bumi posisi ini disebut peregee. Ketika lebih jauh dari bumi disebut apogee. Perbedana jarak ini relatif kecil tapi cukup membuat bulan tampak lebih kecil atau lebih besar dari ukuran biasanya.

Ada tiga jenis gerhana matahari:

  1. Gerhana matahari sebagian
  2. Gerhana matahari cincin
  3. Gerhana matahari total

Gerhana matahari sebagian

Saat gerhana matahari, bulan bisa saja hanya menutupi sebagian cahaya matahari. Peristiwa ini disebut gerhana matahari sebagian. Dengan kata lain, gerhana matahari sebagian terjadi jika bayangan penumbra bulan jatuh ke permukaan bumi. Daerah permukaan bumi tersebut mengalami gerhana matahari sebagian.

Gerhana matahari cincin

Jika bulan berada lebih jauh pada posisi apogee bulan akan terlihat lebih kecil. Akibatnya piringan matahari tidak tertutupi sepenuhnya oleh piringan bulan peristiwa ini disebut gerhana matahari cincin. Gerhana matahari cincin terjadi jika bayangan umbra bulan tidak menncapai permukaan bumi karena bulan berada lebih jauh pada posisi apogee.

Gerhana matahari total

Jika bulan berada lebih dekat pada perigee, bulan tentu akan terlihat lebih besar. Piringan matahari akan tertutup sepenuhnya oleh piringan bulan. Peristiwa ini disebut gerhana matahari total. Gerhana matahari total terjadi jika bayangan umbra bulan jatuh di permukaan bumi.

Menurut penelitian para ahli, kita tidak boleh melihat gerhana matahari secara langsung karena cahaya dari sinar matahari memiliki intensitas sangat tinggi dan bisa merusak retina di belakang bola mata.

Salah satu alternatifnya kita bisa memakai alat bantu menggunakan kacamata khusus matahari untuk mengamati cara aman fenomena alam ini.

1. Jelaskan waktu dan proses terjadinya gerhana matahari?

Pembahasan:
Gerhana matahari terjadi pada siang hari. Kejadian tersebut terjadi setiap peritiwa bulan baru yang kemungkinan piringan bulan menutupi piringan matahari. Gerhana matahari terjadi saat kedudukan matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis lurus pada kedudukan demikian cahaya matahari ke bumi terhalang oleh bulan. Akibatnya terjadi bayangan bulan di permukaan bumi.

2. Apakah perbedaan gerhana matahari sebagian, gerhana matahari total dan gerhana matahari cincin?

Pembahasan:
Gerhana matahari sebagian terjadi jika bayangan penumbra bulan jatuh ke permukaan bumi.
Gerhana matahari total terjadi jika bayangan umbra bulan jatuh di permukaan bumi.
Gerhana matahari cincin terjadi jika bayangan umbra bulan tidak menncapai permukaan bumi karena bulan berada lebih jauh pada posisi apogee.

3. Fenomena alam gerhana matahari total sangat ditunggu oleh masyarakat, namun tidak aman apabila dilihat secara langsung. Bagaimana cara menikmati fenomena alam tersebut?

Pembahasan:
Kita bisa memakai alat bantu menggunakan kacamata khusus matahari untuk mengamati secara aman fenomena alam gerhana matahari total ini.

4. Gambarlah skema gerhana matahari total, berilah keterangan pada setiap gambar, dan warnailah sesuai gambarnya (gunakan pensil warna atau krayon jika ada)

Pembahasan:

Demikian pembahasan Osnipa mengenai Gerhana Matahari. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.