Gangguan Organ Peredaran Darah dan Cara Pencegahan Berdasarkan Kandungan Makanan

Hai adik-adik kelas 5 SD, pada pembelajaran sebelumnya kita sudah mengenal apa saja gangguan penyakit yang menyerang organ peredaran darah manusia. Organ peredaran darah dapat terserang penyakit apabila tidak dijaga kesehatannya dengan baik. Salah satu penyakit yang menyerang organ peredaran darah manusia adalah jantung koroner. Jantung coroner merupakan gangguan yang disebabkan penyumbatan pembuluh darah arteri coroner. Untuk menghindari penyakit tersebut kita harus mengonsumsi makanan dengan kadar kolesterol rendah seperti kacang kacangan, ikan dan daging segar. Selain jantung koroner masih banyak gangguan organ peredaran darah manusia. Penyebab setiap gangguan juga bermacam-macam.

Sebelum terserang gangguan, sebaiknya kita cegah terlebih dahulu. Tentunya cara pencegahan setiap gangguan berbeda-beda. Sekarang coba kalian tonton penjelasan pada video berikut ini

Tugas Ananda hari ini adalah, menuliskan contoh gangguan organ peredaran darah yang ada pada video, serta menuliskan cara pencegahannya berdasarkan kandungan makanan.

NoPenyakitCara Pencegahan
1.Jantung koronerMengonsumsi makanan dengan kadar kolesterol rendah seperti kacang-kacangan, ikan dan daging segar.
2.AnemiaMakan makanan yang mengandung zat besi seperti daging merah, tiram, ikan tuna, ikan salmon, hati, kacang kedelai, kacang-kacangan, bayam, tahu, dan kentang.
3.HipotensiMakan makanan yang mengandung vitamin B12 (telur, daging merah, hati ayam), asam folat (asparagus, bayam), garam (ikan asap, keju cottage), sodium (zaitun), dan air (semangka).
4.HipertensiMakan makanan yang mengandung potasium, magnesium, serat, dan sodium rendah seperti: sayuran hijau, buah beri, buah bit merah, susu skim, yogurt, pisang, ikan salmon, dan delima.
5.LeokimiaMakan makanan yang mengandung lipid (buah alpukat), protein (daging ayam dan telur), vitamin C (jeruk), dan wortel.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *