Menu
Akurat dan Terpercaya

Gambar, Warna, Arti, dan Makna Lambang Garuda Pancasila

  • Share
Gambar, Warna, Arti, dan Makna Lambang Garuda Pancasila

Hai adik-adik kelas 5 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai Gambar, Warna, Arti, dan Makna Lambang Garuda Pancasila. Semoga bermanfaat.

Pada pembahasan yang lalu, kalian telah mempelajari sejarah lahirnya Pancasila yang merupakan pedoman dalam bersikap dan berperilaku bagi setiap warga negara Indonesia sebagai peserta didik penting sekali mengetahui wawasan dan pengetahuan seputar Pancasila mulai dari lambang Pancasila sampai nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya.

Gambar, Warna, Arti, dan Makna Lambang Garuda Pancasila

1. Gambar dan warnailah lambang burung garuda Pancasila di buku gambarmu!

Pembahasan:

2. Sertakan penjelasan arti dan makna lambang garuda Pancasila!

Pembahasan:

Arti dan makna lambang Garuda Pancasila

  1. Sayap. Masing-masing sayap dari burung garuda Pancasila memiliki jumlah bulu yang sama yaitu 17 helai. Hal ini melambangkan tanggal 17 yang merupakan tanggal kemerdekaan Indonesia.
  2. Ekor. Bulu pada ekor garuda Pancasila berjumlah 8 helai yang melambangkan bulan Agustus yang merupakan bulan ke 8. Bulan Agustus merupakan bulan kemerdekaan Indonesia.
  3. Pangkal Ekor dan Leher. Jumlah bulu pada pangkal ekor yang terletak di bawah perisai berjumlah 19 helai. Jumlah bulu pada leher burung garuda Pancasila berjumlah 45 helai. Jika digabungkan akan menjadi 1945 yang merupakan tahun kemerdekaan Indonesia.
  4. Perisai. Perisai melambangkan perjuangan, pertahanan, dan perlindungan diri untuk mencapai tujuan.
    Ditengah perisai terdapat sebuah garis tebal hitam yang melukiskan garis khatulistiwa.
    a. Bintang. Bintang merupakan lambang dari sila pertama Pancasila. Bintang emas diartikan cahaya kerohanian bagi setiap manusia.
    b. Rantai. Rantai merupakan lambang dari sila kedua Pancasila. Gambar rantai yang disusun atas gelang-gelang kecil ini menandakan hubungan manusia satu sama lain yang saling membantu.
    c. Pohon Beringin. Pohon Beringin merupakan lambang sila ketiga Pancasila. Pohon beringin ini memiliki akar tunggal panjang yang menunjang pohon besar ini tumbuh. Akar ini rumbuh sampai ke dalam tanah dan menggambarkan kesatuan dan persatuan Indonesia. Pohon beringin juga memiliki akar yang menjalar di mana-mana yang melambangkan sebagai negara kesatuan yang memiliki latar belakang budaya yang bermacam-macam.
    d. Kepala Banteng. Banteng merupakan lambang dari sila keempat. Banteng digunakan karena banteng merupakan hewan sosial yang suka berkumpul. Seperti halnya musyawarah, yakni orang-orang berdiskusi dan berkumpul.
    e. Padi dan kapas. Padi kapas ini melambangkan sila kelima, yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Kapas dan padi melambangkan pangan dan sandang yang merupakan kebutuhan pokok semua rakyat Indonesia tanpa melihat status atau kedudukan.

3. Warna apa saja yang digunakan pada lambang negara Indonesia? Jelaskan!

Pembahasan:

Warna yang digunakan pada lambang negara Indonesia:

  1. Warna Merah: Pada Garuda Pancasila, terdapat warna merah di bagian kanan atas dan kiri bawah perisai. Warna merah melambangkan keberanian.
  2. Warna Putih: Warna putih pada perisai Garuda Pancasila terletak pada bagian kiri atas dan kanan bawah perisai. Makna warna putih ini adalah kesucian, kebenaran, dan kemurnian.
  3. Warna Kuning Emas: Warna kuning emas pada seluruh burung Garuda; serta lambang bintang, rantai, dan padi; menggambarkan keagungan bangsa dan keluhuran negara Indonesia.
  4. Warna Hitam: Warna hitam terdapat di tengah, pada perisai yang berbentuk jantung dan pada lambang banteng. Warna hitam ini bermakna siklus hidup manusia sejak awal penciptaan hingga akhir kehidupan.
  5. Warna Hijau: Warna hijau merupakan warna alam yang ada pada pohon beringin dan kapas, menggambarkan kesuburan dan kemakmuran serta kehidupan di alam semesta.

Demikian pembahasan mengenai Gambar, Warna, Arti, dan Makna Lambang Garuda Pancasila. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *