Menu
Akurat dan Terpercaya

Gagasan Pokok “Fahombo Batu”

  • Share
Gagasan Pokok "Fahombo Batu"

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi gagasan pokok. Kali ini pembahasan akan fokus kepada Gagasan Pokok Fahombo Batu. Semoga bermanfaat.

Fahombo Batu

Fahombo atau tradisi lompat batu di Nias merupakan salah satu olahraga unik dan populer yang diadakan di desa Bawa Mataluo. Menurut kebiasaan orang-orang suku Nias, mereka yang sudah dewasa diharuskan untuk melompat batu yang berukuran setinggi dua meter. Dalam atraksi tersebut, peserta harus melompati batu dengan ketinggian 2 meter dan uniknya pemuda yang lolos uji lompat batu tersebut dianggap sudah dewasa dan siap untuk memikul tanggungjawab menjadi seorang pria dewasa.

Tradisi satu ini merupakan suatu tradisi unik yang berasal dari Nias Sumatera Utara namanya adalah tradisi Fahombo Batu atau lompat batu. Tradisi ini menjadi satu budaya yang sangat menarik di Provinsi Sumatera Utara. Bahkan budaya ini telah ada dan bertahan selama ratusan tahun. Tidak heran jika banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang tertarik menuju ke Nias untuk melihat tradisi ini.

Pemuda yang berhasil melompati batu akan memiliki kepercayaan diri. Selain itu, dia juga akan menjadi kebanggaan keluarganya. Menurut sejarah, tradisi lompat batu ini muncul karena kebiasaan masyarakat saat perang yang pernah terjadi di Nias. Konon pada saat itu, setiap kampung yang berperang mempunyai benteng masing-masing untuk menjaga wilayah mereka. Sehingga untuk menyerang, dibutuhkan kekuatan khusus untuk melewati benteng tersebut.

Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Fahombo Batu

ParagrafGagasan Pokok
Paragraf 1Fahombo atau tradisi lompat batu di Nias merupakan olahraga unik dan populer yang diadakan di desa Bawa Mataluo.
Paragraf 2 Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang tertarik melihat tradisi ini.
Paragraf 2Tradisi lompat batu ini muncul karena kebiasaan masyarakat saat perang yang terjadi di Nias.
Ringkasan:
Fahombo atau tradisi lompat batu di Nias merupakan olahraga unik dan populer yang diadakan di desa Bawa Mataluo. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang tertarik melihat tradisi ini. Tradisi lompat batu ini muncul karena kebiasaan masyarakat saat perang yang pernah terjadi di Nias.

Demikian pembahasan Gagasan Pokok “Fahombo Batu”. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *