Faktor yang Melatarbelakangi Bangsa Barat Melakukan Penjajahan di Indonesia

Hai adik-adik kelas 5 SD, berikut ini Osnipa akan membahas mengenai Faktor yang Melatarbelakangi Bangsa Barat Melakukan Penjajahan di Indonesia. Pembahasan akan fokus pada siapa yang dimaksud bangsa barat, dan apa faktor yang melatarbelakangi bangsa barat melakukan penjajahan di Indonesia. Semoga pembahasan ini bermanfaat.

Menjelang kedatangan bangsa Eropa, masyarakat di wilayah Nusantara hidup dengan tenteram di bawah kekuasaan raja-raja. Kedatangan bangsa Eropa di Indonesia mula-mula disambut baik oleh bangsa Indonesia. Namun, lama-kelamaan, rakyat Indonesia mengadakan perlawanan karena niat jahat bangsa-bangsa Eropa itu mulai terkuak dan diketahui oleh bangsa Indonesia.

Perlawanan-perlawanan yang dilakukan rakyat Indonesia disebabkan orang-orang barat ingin memaksakan monopoli perdagangan dan berusaha mencampuri urusan kerajaan-kerajaan di Indonesia.

1. Siapa yang dimaksud bangsa barat?

Bangsa barat adalah bangsa-bangsa yang berasal dari benua Eropa. Bangsa barat yang pernah datang ke Indonesia antara lain Bangsa Portugis, Bangsa Spanyol, Bangsa Belanda, dan Bangsa Inggris.

2. Apa faktor yang melatarbelakangi bangsa barat melakukan penjajahan di Indonesia?

Faktor yang melatarbelakangi bangsa barat melakukan penjajahan di Indonesia karena Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah-rempah, sementara harga rempah-rempah di Eropa sangat mahal. Hal ini yang menyebabkan Bangsa Barat berusaha menguasai Indonesia agar dapat menguasai rempah-rempahnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *