Faktor Penyebab Keragaman Masyarakat Indonesia

Hai adik-adik kelas 5 SD, kali Osnipa akan membahas materi Faktor Penyebab Keragaman Masyarakat Indonesia. Pembahasan akan fokus kepada Faktor Penyebab Keragaman Masyarakat Indonesia dan Penjelasan dari setiap faktor keberagaman bangsa Indonesia. Semoga bermanfaat.

1. Sebutkan 5 Faktor keberagaman bangsa Indonesia!

Faktor keberagaman bangsa Indonesia:
(1) Letak strategis wilayah Indonesia
(2) Kondisi negara kepulauan
(3) Perbedaan kondisi alam
(4) Keadaan transfortasi dan komunikasi
(5) Penerimaan masyarakat terhadap perubahan

2. Jelaskan dari setiap faktor keberagaman bangsa Indonesia!

Berikut ini merupakan penjelasan dari setiap faktor.

1. Letak strategis wilayah Indonesia

Letak Indonesia sangat strategis yaitu berada diantara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Indonesia juga berada antara benua Asia dan Australia. Letak strategis tersebut menjadikan Indonesia berada di tengah-tengah lalu lintas perdagangan. Para pedagang dari berbagai negara datang ke Indonesia. Mereka membawa agama, adat istiadat, dan kebudayaan dari negaranya.

2. Kondisi negara kepulauan

Keadaan geografi Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri atas 13.466 pulau. Banyaknya pulau di Indonesia menyebabkan penduduk yang menampati satu pulau atau sebagain dari satu pulau tumbuh menjadi kesatuan suku bangsa.

3. Perbedaan kondisi alam

Keadaan alam Indonesia tersebut mempengaruhi keanekaragaman masyarakatnya. Masyarakat pantai lebih banyak memanfaatkan laut untuk mempertahankan hidupnya yaitu dengan menjadi nelayan. Sebaliknya masyarakat yang tinggal di lereng pegunungan memiliki upaya sendiri untuk mempertahankan hidupnya. Mereka lebih memilih mata pencaharian yang berkaitan dengan relief alam pegunungan misalnya sebagai peternak atau petani sayur. Masyarakat yang tinggal di kota cenderung membuka usaha, bekerja di kantor, atau bekerja di pabrik.

4. Keadaan transfortasi dan komunikasi

Kemudahan sarana transfortasi dan komunikasi memudahkan masyarakat berhubungan dengan masyarakat lain. Sebaliknya sarana yang terbatas akan menyulitkan masyarakat dalam berhubungan dan berkomunikasi dengan masyarakat lain. Kondisi ini menjadi penyebab keragaman masyarakat Indonesia.

5. Penerimaan masyarakat terhadap perubahan

Masyarakat perkotaan relatif mudah menerima orang asing atau budaya lain. Sebaliknya, masyarakat pedalaman sebagaian besar sulit menerima sesuatu yang baru. Mereka tetap bertahan dengan budaya sendiri dan sulit menerima budaya luar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *