Faktor Penyebab Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia

Hai adik-adik kelas 5 SD, Kita pernah dijajah oleh Belanda, Inggris dan Jepang. Sebenarnya apa yang menjadi penyebab kedatangan-kedatangan bangsa barat tersebut? Kali ini Osnipa akan membahas Faktor Penyebab Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia. Pembahasan akan difokuskan kepada mengapa bangsa Eropa berhasrat memonopoli perdagangan rempah-rempah, nilai ekonomis rempah-rempah di mata bangsa Eropa, dan hubungan rempah-rempah dan penjajahan di Indonesia.

Faktor Penyebab Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia

Bangsa kita mengalami penjajahan cukup lama. Selama masa penjajahan, bangsa kita mengalami penderitaan akibat adanya penindasan.

Pada masa pemerintahan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia, datanglah orang-orang Eropa yang mengadakan pelayaran samudra. Kedatangan orang-orang Eropa di Nusantara mula-mula disambut baik oleh bangsa Indonesia.

Namun, ketika orang-orang Eropa itu berusaha menguasai Nusantara, mereka mendapat reaksi keras berupa perlawanan-perlawanan di berbagai daerah.

Bangsa Barat mulai menjelajah samudra dimulai abad XV. Bangsa Eropa berhasrat memonopoli perdagangan rempah-rempah. Hal ini dikarenakan bangsa Eropa mengalami kesulitan mendapatkan rempah-rempah sejak jatuhnya Konstantinopel ke tangan bangsa Turki pada tahun 1453.

Harga dari rempah-rempah nilainya sangat menjulang tinggi, semahal emas (sama dengan harga emas). Masyarakat Eropa sangat membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak.

Melimpahnya rempah-rempah di bumi Indonesia, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Namun, rempah-rempah yang begitu melimpah juga membuat bangsa-bangsa di Eropa berusaha untuk menguasai perdagangannya.

Soal Faktor Penyebab Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia dan Pembahasan

1. Mengapa bangsa Eropa berhasrat memonopoli perdagangan rempah-rempah?

Pembahasan:
Bangsa Eropa berhasrat memonopoli perdangan rempah-rempah karena bangsa Eropa mengalami kesulitan mendapatkan rempah-rempah sejak jatuhnya Konstantinopel ke tangan bangsa Turki.

2. Seberapa tinggikah nilai ekonomis rempah- rempah di mata bangsa-bangsa Eropa?

Pembahasan:
Nilai ekonomis rempah-rempah di mata bangsa-bangsa Eropa sangat tinggi, harga rempah-rempah sama dengan harga emas.

3. Apa hubungan rempah-rempah dan penjajahan di Indonesia?

Pembahasan:
Indonesia mampu menghasilkan rempah-rempah yang melimpah. Hal ini yang membuat bangsa-bangsa di Eropa berusaha untuk menguasai perdagangannya yang menyebabkan terjadinya penjajahan di Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *