Daur Hidup, Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna pada Hewan

Hai adik-adik kelas 5 SD, agar keseimbangan ekosistem terjaga, kita perlu menjaga keberadaan komponen-komponennya, hewan adalah salah satu komponen ekosistem yang memerlukan lingkungan yang baik untuk berkembangbiak. Perubahan ekosistem dapat mempengaruhi perkembangbiakan. Setiap hewan mengalami tahapan perkembangan tersendiri dan khas. Tahapan pertumbuhan dan perkembangan suatu hewan disebut daur hidup.

Daur Hidup Hewan

Setiap hewan memiliki cara berbeda dalam proses perkembangbiakkanya. Hewan-hewan tersebut mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda satu sama lain. Proses tersebut dinamakan daur hidup.

Daur hidup adalah tahapan pertumbuhan dan perkembangan suatu hewan. Di dalam daur hidupnya hewan ada mengalami perubahan bentuk tubuh dan ada yang tidak.

Contoh daur hidup yang tidak mengalami perubahan bentuk:

  • Telur ikan menetas menjadi ikan kecil, ikan muda berubah menjadi ikan dewasa.
  • Telur kadal menetas menjadi kadal kecil, kadal muda berubah menjadi kadal dewasa.

Contoh daur hidup yang mengalami perubahan bentuk.

  • Kupu-kupu merupakan salah satu hewan yang mengalami perubahan bentuk dalam daur hidupnya. Daur hidup kupu-kupu meliputi: telur, larva, pupa, dan kupu-kupu. Bentuk masing-masing tahap daur hidup sangat berbeda.

Hewan yang mengalami perubahan bentuk dalam tahap pertumbuhannya disebut mengalami metamorfosis.

Metamorfosis

Metamorfosis adalah perubahan bentuk pada hewan dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya. Metamorfosis ada dua macam yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

1. Metamorfosis Sempurna

Metamorfosis sempurna adalah metamorfosis dengan perubahan bentuk pada hewan yang sangat berbeda dalam tiap tahap perkembangannya. Contohnya: katak, nyamuk, lalat, dan kupu-kupu.

2. Metamorfosis Tidak Sempurna

Metamorfosis sempurna adalah metamorfosis dengan perubahan bentuk pada hewan yang tidak terlalu berbeda dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya. Contohnya: belalang, kecoak, capung, dan kepik

Soal Latihan Daur Hidup, Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna pada Hewan.

1. Apa pengertian daur hidup hewan?

Daur hidup adalah tahapan pertumbuhan dan perkembangan suatu hewan.

2. Sebutkan 2 hewan yang mengalami perubahan bentuk dalam daur hidupnya!

Hewan yang mengalami perubahan bentuk dalam daur hidupnya yaitu kupu-kupu, lalat, dan katak.

3. Berilah contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan jelaskan daur hidupnya!

Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah kupu-kupu. Daur hidupnya mulai dari telur menetas menjadi ulat. Ulat membentuk kepongpong. Kepongpong menetas menjadi kupu-kupu muda. Kupu-kupu muda berkembang menjadi kupu-kupu dewasa.

Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah katak. Telur katak menetas menjadi kecebong. Kecebong berkembang menjadi kecebong berkaki. Kecebong berkaki berkembang menjadi katak muda yang masih memiliki ekor. Katak muda berkembang menjadi katak dewasa.

Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah nyamuk. Telur nyamuk menetas menjadi jentik (larva). Jentik berkembang menjadi pupa. Pupa menetas menjadi nyamuk muda. Nyamuk muda berkembang menjadi nyamuk dewasa.

4. Berilah contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna dan jelaskan daur hidupnya!

Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna kecoak. Telur kecoak menetas menjadi ninfa 1mfa 1 berkembang menjadi ninfa 2. Nimfa 2 berkembang menjadi kecoak dewasa.

Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna capung. Telur capung menetas menjadi nimfa. Nimfa berkembang menjadi imago.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *