Daur Hidup Hewan

Hai adik-adik kelas 4 SD, kali ini Osnipa kembali akan membahas mengenai Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna. Pembahasan akan fokus pada menentukan daur hidup dengan metamorfosis dan tanpa metamorfosis. Semoga bermanfaat.

Daur Hidup Hewan

Manfaat mengetahui daur hidup hewan:

  1. Mencegah tersebarnya penyakit/virus
  2. Memproduksi benda bermanfaat

Secara bahasa, daur hidup berarti perjalanan hidup suatu organisme mulai dari awal ia hidup hingga akhir batas usianya (kematiannya).

Secara ilmiah, pengertian daur hidup dapat diartikan sebagai serangkaian bentuk perubahan yang mengacu pada perkembangan suatu organisme mulai dari awal kehidupannya yang mandiri hingga menuju kondisi dewasa, dimana suatu makhluk hidup telah mampu melakukan aktivitas reproduksi sebagai bentuk menghasilkan keturunan atau yang lebih dikenal dengan berkembang biak. Istilah daur hidup ini juga dikenal dengan nama metamorfosisi.

Kategori daur hidup berdasarkan proses perubahan bentuk

  1. Daur hidup dengan metamorfosis
  2. Daur hidup tanpa metamorfosis

Daur Hidup Tanpa Metamorfosis

Daur hidup tanpa metamorfosis adala perjalanan hidup suatu organisme dimana saat organisme lahir bentuk dan fisik menyerupai induknya.

Contoh:
Daur hidup ayam: telur –> telur (embrio) –> telur menetas –> anak ayam –> ayam dewasa

Daur Hidup Dengan Metamorfosis

Perjalanan hidup suatu organisma saat lahir bentuk dan fisiknya berbeda dengan induknya.

Contoh:
Kecoa: telur –> nimfa –> dewasa
Katak: telur –> berudu –> berudu 2 kaki –> berudu kaki 4 –> katak muda –> katak dewasa

Golongan Metamorfosis

Metamorfosis Sempurna

Perubahan bentuk suatu organisme melewati 4 tahap meliputi telur, larva, kepongpong (pupa), dan dewasa.

Contoh:
Metamorfosis Kupu-kupu
Telur –> larva –> kepompong/pupa –> kupu-kupu dewasa

Metamorfosis Tidak Sempurna

Perubahan bentuk sama dengan induknya namun ada beberapa bagian tubuh yang berbeda.

Contoh:
Belalang: telur –> nimfa –> belalang dewasa
Kecoa: telur –> nimfa –> kecoa dewasa

Soal Daur Hidup Hewan dan Pembahasan

Perhatikan gambar berikut, kemudian tentukan gambar mana yang termasuk daur hidup dengan metamorfosis dan mana yang tanpa metamorfosis?

Pembahasan:
Gambar 1 merupakan daur hidup tanpa metamorfosis karena bentuk dan fisik anak penyu saat lahir mirip dengan induknya. Saat menetas anak penyu memiliki bentuk dan fisik yang sama dengan induknya.
Gambar 2 merupakan daur hidup metamorfosis karena karena bentuk dan fisik dari anak nyamuk sangat berbeda dengan induknya. Saat kecil, larva nyamuk tidak memiliki sayap dan sangat berbeda dengan nyamuk dewasa.

Perhatikan gambar berikut, kemudian jelaskan proses daur hidupnya dan jelaskan pula apakah termasuk dalam metamorfosis sempurna/ tidak sempurna.

Pembahasan:
Gambar 1 merupakan daur hidup dari lalat. Tahapan yang dari daur hidup lalat yaitu telur, larva, pupa, dan lalat dewasa. Karena memiliki empat tahapan (telur, larva, pupa, dan dewasa), daur hidup lalat termasuk ke dalam metamorfosis sempurna.
Gambar 2 merupakan daur hidup capung. Tahapan daur hidup capung yaitu telur, nimpa, dan capung dewasa. Karena hanya mengalami tiga tahapan daur hidup dan bentuk anak memiliki sedikit perbedaan dengan induk maka, daur hidup capung termasuk metamorfosis tidak sempurna.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *