Menu
Akurat dan Terpercaya

Dampak Positif dan Negatif Kondisi Geografis Indonesia Sebagai Negara Kepulauan Terhadap Transportasi Masyarakat

  • Share
Dampak Positif dan Negatif Kondisi Geografis Indonesia Sebagai Negara Kepulauan Terhadap Transportasi Masyarakat

Hai adik-adik kelas 5 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Dampak Positif dan Negatif Kondisi Geografis Indonesia Sebagai Negara Kepulauan Terhadap Transportasi Masyarakat. Semoga bermanfaat.

Kondisi Geografis Indonesia Terhadap Transportasi Masyarakat

Indonesia dijuluki sebagai negara maritim. Sebab sebagian besar wilayah Indonesia terdiri dari perairan dan merupakan negara kepulauan. Luas lautan Indonesia mencapai tiga juta persegi dan ada dua samudra yang mengapit negara kita yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Jumlah pulau di Indonesia yang tercatat hingga tahun 2021 ini adalah 17.000 pulau. Karena kondisi geografis tersebut maka penduduk Indonesia memerlukan alat transportasi yang bisa memudahkan untuk berpindah tempat. Alat transportasi yang bisa digunakan adalah Transportasi darat, Transportasi laut, dan Transportasi udara

Pemerintah harus menyediakan alat transportasi beserta sarana pendukungnya. Transportasi darat yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah mobil, baik mobil pribadi maupun mobil angkutan umum, motor dan bus. Pemerintah harus menyediakan sarana dan prasarananya seperti jalan raya, rambu lalu lintas, lampu penerangan jalan dan lain-lain. Selain itu ada kereta. Kereta di Indonesia ada yang antar kota, ada yang dalam kota. Kereta dalam kota khususnya di Jakarta ada beberapa jenis seperti: Commuter line, LRT (Light Rapid Transit), MRT (Mass Rapid Transit)

Selanjutnya transportasi air karena Indonesia negara kepulauan yang dikelilingi oleh lautan maka dibutuhkan sarana dan prasarana agar antar pulau itu bisa terhubung. Selain untuk mengangkut orang, alat transportasi laut juga digunakan untuk mengangkut barang-barang kebutuhan masyarakat di pulau tersebut. Biasanya masyarakat Indonesia menggunakan alat tradisional seperti perahu untuk menyeberang apabila jaraknya dekat. Sedangkan untuk yang jaraknya jauh maka dibutuhkan kapal laut. Transportasi penghubung antar pulau harus didukung dengan ketersediaan pelabuhan yang memadai agar bisa meningkatkan mobilitas masyarakatnya.

Selanjutnya transportasi udara yaitu pesawat. Penggunaan pesawat sebagai moda transportasi penghubung antar pulau harus didukung dengan sarana pendukung. Seperti bandara atau lapangan udara. Fasilitasnya juga harus dipenuhi. Untuk pulau-pulau besar dan kota-kota besar dibangunlah bandara yang mampu menampung pesawat-pesawat besar dan banyak. Sedangkan di pulau-pulau kecil dibangunlah lapangan udara yang hanya mampu menampung pesawat-pesawat kecil atau pesawat-pesawat perintis. Namun biaya untuk menggunakan pesawat biasanya lebih mahal jika dibandingkan dengan menggunakna kapal sehingga masyarakat lebih banyak memilih untuk menggunakan kapal saat bepergian antar pulau.

Jika penyediaan dan penggunaan moda transportasi antarpulau memadai, akan sangat membantu kehidupan masyarakat mengingat luas wilayah Indonesia yang sangat luas dan berupa kepulauan. Sehingga mempengaruhi pemerataan program pembangunan dan hasil-hasilnya.

Pengaruh kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim terhadap transportasi masyarakat, memberikan dampak positif dan negatif. Adapun dampak positifnya yaitu bagi perkembangan alat transportasi, adalah terpacunya bangsa Indonesia untuk membangun dan mengembangkan industri pesawat dan perkapalan. Dampak negatif adalah adanya perbedaan kemakmuran antar wilayah, harga barang kebutuhan di satu pulau juga berbeda dengan harga kebutuhan di pulau lain.

1. Apa saja dampak positif kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan terhadap tranportasi masyarakat?

Pembahasan:
Dampak positifnya adalah bagi perkembangan alat transportasi, adalah terpacunya bangsa Indonesia untuk membangun dan mengembangkan industri pesawat dan perkapalan.

2. Tuliskan dampak negatif kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan terhadap tranportasi masyarakat!

Pembahasan:
Dampak negatif adalah adanya perbedaan kemakmuran antar wilayah, harga barang kebutuhan di satu pulau juga berbeda dengan harga kebutuhan di pulau lain.

Demikian pembahasan mengenai Dampak Positif dan Negatif Kondisi Geografis Indonesia Sebagai Negara Kepulauan Terhadap Transportasi Masyarakat. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *