Pengumuman:
Bagi yang ingin bertanya soal, silakan mengirim soal dalam bentuk pdf melalui massanger facebook Osnipa. Tim Osnipa akan berusaha memberikan referensi jawaban. Terimakasih.
Akurat dan Terpercaya
Guru, Tips  

Contoh Saran Untuk Raport K13 Sekolah Dasar

Saran-Saran Untuk Raport K13 SD
Source: freepick.com

Membuat raport merupakan salah satu kewajiban bagi guru kelas di setiap akhir semester. Meskipun ini merupakan kegiatan rutinitas, namun masih banyak guru yang belum memahami bagaiman mengisi bagian-bagian raport dengan baik. Salah satunya adalah mengisi saran untuk raport k13 sekolah dasar. Dalam kesempatan ini, kita akan membahas tuntas mengenai contoh saran untuk raport K13 SD.

Dalam Panduan Penilaian K13 SD terbaru revisi 2018 (Baca: Panduan Penilaian K13 SD Revisi 2018), bagian-bagian raport tidak mengalami banyak perubahan dari panduan sebelumnya.

Khusus saran-saran untuk raport k13 sekolah dasar, dalam contoh raport sudah diberikan petunjuk pengisian. Di sana tertulis, saran-saran diisi dengan hal-hal yang perlu mendapat perhatian peserta didik, pendidik, dan orangtua/wali terutama untuk hal-hal yang tidak didapatkan dari sekolah.

Berdasarkan petunjuk tersebut, maka guru mengisi saran-saran tersebut dengan mencantumkan keunggulan maupun kelemahan peserta didik. Saran-saran dapat mengulas tentang sikap dan prilaku unik peserta didik. Atau, saran-saran dapat menuliskan bakat maupun potensi peserta didik.

Untuk dapat membuat saran-saran yang baik, berikut tips yang bisa dilakukan oleh guru.

  1. Perhatikan setiap perkembangan yang diperlihatkan oleh peserta didik. Jangan hanya melihat dari satu sisi (pengetahuan atau keterampilan), namun berusaha agar bisa memperhatikan perkembangan siswa dari berbagai sisi.
  2. Perhatikan kelemahan peserta didik. Kita bisa menuliskan kelemahan peserta didik di kolom saran agar menjadi perhatian bagi peserta didik maupun orangtua/wali. Namun, dalam menuliskan kelemahan peserta didik, pergunakan bahasa yang memotivasi.
  3. Buat catatan bakat dan potensi yang dimiliki peserta didik. Masing-masing orang memiliki bakat dan potensi yang berbeda. Guru dapat berkolaborasi dengan guru lain untuk menemukan bakan maupun potensi dari peserta didik.
  4. Masing-masing peserta didik dibuatkan saran yang khusus, relevan, spesifik, dan akurat.

Contoh Saran Untuk Raport K13 Sekolah Dasar

  1. Made sangat tekun dan rajin, perlu dibiasakan menaruh kepedulian kepada lingkungan.
  2. Made suka menulis puisi, potensinya akan berkembang lebih baik jika diberikan kesempatan dan motivasi di rumah.
  3. Ketut memiliki bakat dalam membuat cerpen, berikan motivasi agar terus mengembangkan bakatnya.
  4. Komang sebenarnya memiliki kemampuan yang baik, namun karena sering tergesa-gesa sehingga pekerjaan sering salah.
  5. Nengah sebaiknya menghilangkan kebiasaan bergadang, biar bisa selalu datang tepat waktu ke sekolah.

Saran-saran tersebut hanya berupa contoh. Untuk menuliskan saran-saran untuk raport k13 SD, guru wajib memperhatikan masing-masing peserta didik. Jika kita mamperhatikan peserta didik dengan baik, akan banyak saran yang dapat kita tuliskan di kolom saran raport K13.

Leave a Reply

Your email address will not be published.