Contoh Pertanyaan Bagaimana dan Siapa Teks “Kompor Komnet, Kompor Tanpa Api”

Hai adik-adik kelas 5 SD, berikut ini, Osnipa akan membahas materi kalimat tanya siapa dan bagaimana. Pembahasan akan fokus kepada contoh kalimat tanya dan jawaban dari teks “Kompor Komnet, Kompor Tanpa Api”. Semoga bermanfaat.

Teks “Kompor Komnet, Kompor Tanpa Api”

Mahasiswa jurusan Teknik Elektro Universitas Pendidikan Indonesia bernama Ganjar Candra Sumindar menciptakan kompor inovatif. Kompor temuannya dinamakan “Komnet” atau Kompor Magnet. Kompor itu bukan saja lebih efesien, melainkan juga mudah, aman dan nyaman untuk digunakan.

Ganjar mengatakan bahwa kompornya memiliki beberapa kelebihan. Kompor buatan Ganjar tidak menghasilkan api sehingga lebih aman digunakan. Selain itu, kompor komnet juga tidak membuat bagian pegangan alat masak menjadi panas meskipun alat masak tersebut terbuat dari logam. Ganjar menunjukkan bahwa kertas pun tak akan terbakar atau pun menjadi panas jika ditaruh di atas kompor. Akan tetapi, kompor ini hanya memanaskan material yang besifat magnetik. Begitu peralatan masak diangkat dari atas kompor, maka otomatis kompor akan mati.

Terdapat dua jenis pemanasan pada kompor komnet, yaitu panas dan hangat. Pemanasan tersebut masih bisa diatur sesuai kebutuhan. Ganjar menjelaskan bahwa dasar dari pembuatan kompornya adalah induksi elektromagnetik. Listrik dihantarkan ke dalam lilitan kabel di dalam kompor sehingga tercipta induksi eletro magnetik. Induksi inilah yang akan menghasilkan panas. Agar lebih cepat panas. Tungku pada kompor komnet terbuat dari bahan keramik. Komnet buatan Ganjar diklaim hemat daya dan murah. Kompor komnet tersebut hanya membutuhkan daya 300 watt dan dijual dengan harga Rp700.000,00 – Rp1.500.000,00.

Contoh Pertanyaan Bagaimana dan Siapa Teks “Kompor Komnet, Kompor Tanpa Api”

Setelah membaca dengan cermat, buatlah pertanyaan dan jawaban sesuai teks tersebut.

Perhatikan contoh berikut!

NoKata TanyaPertanyaanJawaban
1.SiapaSiapa yang menunjukkan kertas tak akan terbakar jika ditaruh di atas kompor?Ganjar menunjukkan bahwa kertaspun tak akan terbakar ataupun menjadi panas jika ditaruh di atas kompor

Pembahasan:

NoKata TanyaPertanyaanJawaban
1.BagaimanaBagaimana kompor “Komnet” menghasilkan panas?Listrik dihantarkan ke dalam lilitan kabel di dalam kompor sehingga tercipta induksi elektromagnetik yang akan menghasilkan panas.
2.SiapaSiapa yang menciptakan kompor inovatif “Komnet”?Yang menciptakan kompor inovatif “Komnet” Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Pendidikan Indonesia bernama Ganjar Candra Sumindar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *