Contoh Pengalaman Penerapan Budaya 3M dalam Kehidupan Sehari-Hari

Hai adik-adik kelas 5 SD, di masa Pandemi Covid-19 ini, sangat penting untuk menerapkan protokol kesehatan ingat pesan Ibu 3M. Apa saja ingat pesan ibu 3M? Iya, benar sekali, menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan. Dalam keseharian, tentu kalian pernah menerapkan budaya 3M. Kali ini Osnipa akan memberikan Contoh Pengalaman Penerapan Budaya 3M dalam Kehidupan Sehari-Hari.

Contoh Pengalaman Penerapan Budaya 3M dalam Kehidupan Sehari-Hari

Berikut ini merupakan contoh pengalaman penerapan budaya 3M dalam kehidupan sehari-hari.

Bersepeda di Lingkungan Rumah.

Saat liburan semester, adik saya mulai bosan terus tinggal di rumah. Dia meminta untuk diantar bersepeda keliling lingkungan rumah. Saya minta ijin kepada ibu untuk bersepeda keliling lingkungan rumah. Awalnya ibu, tidak mengijinkan. Alasannya, karena virus corona masih merajalela. Namun, adikku menangis merengek mau bersepeda keliling lingkungan rumah. Dengan terpaksa, ibu memberikan kami ijin.

Sebelum berangkat, ibu perpesan kepadaku untuk selalu menerapkan budaya 3M. “Ingat menggunakan masker. Jangan lupa selalu menjaga jarak saat bersepeda,” pesan ibu.

“Siap Bu,” jawabku sambil mengayuh sepeda ke luar pekarangan rumah.

“Dik, duluan ya. Kakak bersepeda di belakang adik,” aku minta adikku untuk bersepeda di depanku. Tujuannya agar aku dapat mengawasi adikku.

Di jalan, kami bertemu dengan tetangga dan teman-teman kami. Karena ingat pesan ibu, aku selalu meminta adik untuk tetap menjaga jarak. Akhirnya kami hanya berbicara dengan teman-teman dengan jarak 1,5 meter.

Puas bersepeda, aku dan adikku kembali pulang ke rumah. Sebelum memasuki pekarangan rumah, kami mencuci tangan di keran yang ada di gerbang. Kemudian kami bergegas ke kamar mandi belakang rumah. Kami mandi dan mengganti pakaian.

“Bu, enak sekali dapat jalan-jalan ke luar rumah!”seru adikku pada ibu yang memasak di dapur.

Ibu menoleh ke arah kami. “Sudah ingat 3M?” tanyanya.

“Sudah dong Bu,” jawab kami serempak.

Selalu ingat pesan Ibu ya. Menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Semoga corona tetap berlalu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *