Pengumuman:
Bagi yang ingin bertanya soal, silakan mengirim soal dalam bentuk pdf melalui massanger facebook Osnipa. Tim Osnipa akan berusaha memberikan referensi jawaban. Terimakasih.
Akurat dan Terpercaya

Contoh Kesimpulan Kegemaran dan Cita-Cita

Hai adik-adik kelas 4 SD, setiap orang memiliki kegemaran yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kegemaran menari, bernyanyi, membaca, melukis, berolahraga, dan sebagainya. Berikut, Osnipa akan membahas mengenai kesimpulan kegemaran dan cita-cita.

Kegemaran dan Cita-Cita

Adik-adik, kegemaranmu mengerjakan sesuatu tentu juga dapat membantumu meraih cita-citamu, jika cita-citamu sesuai dengan kegemaran atau hobimu. Namun, tidak semua kegiatan yang sesuai kegemaran akan menjadi mata pencaharianmu kelak seperti yang kamu cita-citakan. Akan tetapi, kegemaran melakukan kegiatan tertentu akan membantu melatih keterampilan dan sikap yang baik untuk mencapai cita-citamu.

1. Buatlah data kegemaran 5 orang teman sekelasmu dan cita-citanya!

Pembahasan:

NoNamaKegemaranCita-Cita
1.AndiBermain CaturAtlet Catur
2.BudiMembantu Ibu memasakKoki
3.KetutMenariGuru
4.AgusBermain sepak bolaPolisi
5.IwanMembacaPolisi

2. Apakah kegemaran siswa tersebut dapat membantunya mencapai citacitanya?

Pembahasan:
Kegemaran siswa ternyata dapat membantu dalam mencapai cita-cita.
(1) Andi yang memiliki kegemaran bermain catur memiliki cita-cita ingin menjadi atlit catur dunai saat besar nanti.
(2) Budi yang gemar membantu ibu memasak bercita-cita ingin menjadi koki saat besar nanti.
(3) Ketut yang memiliki kegemaran menari bercita-cita menjadi guru tari Bali ketika besar nanti.

3. Adakah kegemaran siswa yang tidak sesuai dengan cita-cita? Apabila ada, mintalah temanmu untuk menjelaskan alasannya!

Pembahasan:
Ada dua siswa yang memiliki kegemaran namun tidak sesuai dengan cita-cita.
(1) Agus memiliki kegemaran bermain sepak bola namun tidak bercita-cita menjadi pemain sepak bola. Dia justru bercita-cita ingin menjadi polisi. Menurutnya, dia ingin menjadi polisi karena ayahnya seorang polisi. Dia sangat bangga terhadap ayahnya.
(2) Iwan yang memiliki kegemaran membaca buku bercita-cita menjadi polisi. Menurutnya, menjadi polisi merupakan cita-citanya sejak TK.

4. Tuliskan kesimpulanmu!

Pembahasan:
Pada umumnya, kegemaran yang dimiliki siswa sesuai dengan cita-citanya. Namun, ada juga siswa yang memiliki kegemaran yang tidak sesuai dengan cita-cita. Walaupun kegemaran tersebut tidak sesuai dengan cita-cita, tapi kegemaran tersebut dapat membantu melatih keterampilan dan sikap baik untuk mencapai cita-cita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.