Akurat dan Terpercaya

Contoh Kalimat Tanya Siapa dan Kapan Teks “Perbedaan Suhu dan Panas”

Hai adi-adik kelas 5 SD, kali ini Osnipa akan membahas mengenai Contoh Kalimat Tanya Siapa dan Kapan. Kalimat tanya siapa dan kapan yang akan kita buat jawaban harus ada di teks “Perbedaan Suhu dan Panas”.

Teks “Perbedaan Suhu dan Panas”

Indra peraba, seperti telapak tangan tidak dapat menentukan secara tepat derajat panas dan dingin suatu benda. Tangan hanya dapat memperkirakan panas dan dingin suatu benda. Tangan tidak dapat menjelaskan berapa nilai derajat panas atau dinginnya suatu benda. Pernahkah kamu pergi berkemah ke daerah pegunungan? Ketika malam hari saat kamu berkemah di daerah pegunungan, kamu akan merasakan bahwa cuaca di sekitarmu terasa dingin sehingga kamu memerlukan jaket tebal untuk menghangatkan tubuhmu. Lain halnya dengan penduduk yang tinggal di dataran tinggi seperti daerah pegunungan. Mereka tidak terlalu merasakan hawa dingin karena mereka sudah terbiasa dengan hawa dingin di pegunungan.

Hal tersebut, membuktikan bahwa indra peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur derajat panas suatu benda karena setiap orang memiliki perbedaan dalam merasakan suhu di sekitarnya. Nah, dalam ilmu pengetahuan alam untuk menyatakan tingkat panas dinginnya suatu keadaan digunakan suatu besaran yang disebut suhu atau temperatur.

Panas (kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda. Energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Ketika sebatang logam dipanaskan dengan api, batang logam tersebut mendapatkan energi panas dari api. Energi panas membuat batang logam tersebut menjadi panas. Ketika batang logam tersebut panas, suhunya meningkat. Ketika batang logam menjadi dingin, suhunya menurun. Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter. Satuan suhu yang digunakan di Indonesia adalah derajat Celcius (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut termometer.

Termometer pertama kali dibuat pada tahun 1592 oleh seorang ilmuwan Italia bernama Galileo Galilei yang menggunakan udara dan air. Pada tahun 1714, ilmuwan Jerman bernama Daniel Gabriel Fahrenheit membuat termometer yang berisi air raksa. Dan pada tahun 1742, ilmuwan Swedia bernama Andres Celsius menemukan termometer yang menggunakan skala ukuran 100. Di Indonesia, termometer yang banyak digunakan saat ini adalah termometer Celsius yang menggunakan ukuran 0 hingga 100 derajat.

Contoh Kalimat Tanya Siapa dan Kapan Teks “Perbedaan Suhu dan Panas”

Buatlah kalimat tanya dengan menggunakan kata tanya siapa dan kapan sertakan jawaban dari pertanyaan tersebut (sesuai isi teks)!

Masing-masing kalimat tanya dibuat 2 pertanyaan.

Pembahasan:

Kalimat tanya siapa dan jawaban
(1) Siapa yang membuat termometer yang menggunakan udara dan air?
Jawaban: Galileo Galilei
(2) Siapa yang membuat termometer yang berisi air raksa?
Jawaban: Daniel Gabriel Fahrenheit
(3) Siapa yang membuat termometer yang menggunakan skala ukuran 100?
Jawaban: Andres Celsius

Kalimat tanya kapan dan jawaban
Kapan Termometer pertama kali dibuat?
Jawaban: Tahun 1592
Kapan Daniel Gabriel Fahrenheit membuat termometer yang berisi air raksa?
Jawaban: Tahun 1714
Kapan Andres Celsius menemukan termometer yang menggunakan skala 100?
Jawaban: Tahun 1742

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *