Menu
Akurat dan Terpercaya

Cerita Pengalaman dalam Menjalankan Peran dan Tugas Sebagai Anggota Keluarga di Rumah

  • Share
Cerita Pengalaman dalam Menjalankan Peran dan Tugas Sebagai Anggota Keluarga di Rumah

Hai adik-adik kelas 3 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai Cerita Pengalaman dalam Menjalankan Peran dan Tugas Sebagai Anggota Keluarga di Rumah. Semoga bermanfaat.

Peran Anggota Keluarga

Setiap anggota keluarga, mempunyai hak dan kewajiban sesuai dengan peran masing-masing. Ayah berperan sebagai kepala keluarga. Ibu berperan sebagai pendamping kepala keluarga. Anak berperan sebagai anggota keluarga.

Ayah memiliki tugas mencari nafkah dan memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarga. Seorang ibu biasanya mengurus rumah tangga, contohnya memasak dan mengurus keperluan seluruh anggota keluarga.

Anak-anak juga memiliki peran penting dalam keluarga. Selain belajar dengan tekun, seorang anak sebaiknya membantu pekerjaan orangtua.

Selain memiliki kewajiban, seluruh anggota keluarga juga memiliki hak. Contoh hak ayah dan ibu yaitu dihormati dan disayangi anak-anak. Anak-anak juga memiliki hak untuk disayangi orangtuanya dan dicukupi semua kebutuhannya.

Menjaga keseimbangan hak dan kewajiban, merupakan pengamalan sila kelima Pancasila. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah bunyi sila kelima Pancasila.

Cerita Pengalaman dalam Menjalankan Peran dan Tugas Sebagai Anggota Keluarga di Rumah

Sekarang, ceritakan pengalamanmu dalam menjalankan peran dan tugas sebagai anggota keluarga di rumah!

Pembahasan:
Selamat pagi Bu Guru. Nama saya Jufri. Saya akan menceritakan peran dan tugas saya sebagai anggota keluarga di rumah. Sebagai seorang anak, peran saya yaitu belajar dengan giat. Saya ingin menjadi anak yang pintar dan membanggakan orangtua. Selain itu, saya juga berperan membantu pekerjaan orang tua seperti membersihkan kamar tidur, dan menyapu rumah. Terkadang saya juga membersihkan halaman rumah, tentunya bersama-sama orangtua. Seperti pada hari minggu kemarin, saya membantu ayah membersihkan halaman rumah. Saya mencabut rumput-rumput yang mengganggu tanaman bunga. Karena jarang turun hujan, saya menyiram tanaman bunga. Demikian cerita pengalaman saya. Terimakasih.

Demikian pembahasan mengenai Cerita Pengalaman dalam Menjalankan Peran dan Tugas Sebagai Anggota Keluarga di Rumah. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *