Menu
Akurat dan Terpercaya

Cerita Cara Menyikapi Perbedaan Kelas 3 SD

  • Share
Cerita Cara Menyikapi Perbedaan Kelas 3 SD

Hai adik-adik kelas 3 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai pengamalan sila kedua Pancasila yaitu menghargai keberagaman. Pembahasan akan fokus kepada cerita cara menyikapi perbedaan.

Pengamalan Sila Kedua Pancasila

Sila kedua Pancasila berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Simbol sila kedua Pancasila adalah mata rantai yang membentuk lingkaran.

Keberagaman yang ada merupakan kekayaan bangsa kita. Dengan adanya perbedaan, kita dapat belajar untuk saling menghargai dan menghormati satu sama lain. Saling menghargai merupakan contoh pengamalan sila kedua Pancasila. Contoh menghargai keberagaman yaitu menghargai makanan kesukaan masing-masing.

Keberagaman di sekolah perlu disikapi dengan baik agar tidak terjadi perpecahan. Cara menghargai keberagaman di sekolah:

  1. Menghargai pendapat teman.
  2. Menghormati perbedaan yang ada.
  3. Berteman dengan siapapun meskipun memiliki perbedaan.

Keberagaman yang ada di rumah juga harus disikapi dengan baik agar tidak terjadi perpecahan. Cara menyikapi keberagaman di rumah:

  1. Saling menyayangi dan menghormati satu sama lain.
  2. Bersikap sopan dan santun.
  3. Menghargai perbedaan dalam berpendapat.

Cerita Cara Menyikapi Perbedaan Kelas 3 SD

Ceritakan bagaimana caramu menyikapi perbedaan yang ada di lingkungan keluargamu.

Pembahasan:

Saya tinggal di rumah bersama ayah, ibu, kakak, dan adik. Kami memiliki banyak perbedaan. Mulai dari makanan kesukaan, olahraga kesukaan, sampai film kesukaan. Meskipun memiliki banyak perbedaan, kami tidak bernah bertengkar. Saya selalu bersikap sopan dan santun kepada ayah, ibu, kakak, dan adik saya. Kami semua saling menyayangi. Saat hendak menentukan tempat liburan, ayah pasti mengajak kami bermusyawarah. Dalam musyawarah tersebut, kami menghargai setiap perbedaan dalam berpendapat.

Demikian pembahasan mengenai Cerita Cara Menyikapi Perbedaan Kelas 3 SD. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *