Akurat dan Terpercaya
Indeks

Cara Meringkas Teks Eksplanasi Kelas 5 SD

Cara Meringkas Teks Eksplanasi Kelas 5 SD

Hai adik-adik kelas 5 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Cara Meringkas Teks Eksplanasi Kelas 5 SD. Semoga bermanfaat.

Meringkas Teks Eksplanasi

Ananda, pada pembelajaran sebelumnya kita telah belajar tentang teks eksplanasi. Tentunya Ananda semua sekarang dapat mengetahui ciri-ciri teks eksplanasi dan dapat meringkas teks eksplanasi dengan baik.

Sekarang mari kita mengulang lagi cara meringkas teks eksplanasi, tujuan meringkas teks eksplanasi adalah agar kita mendapatkan informasi penting yang singkat dan jelas sehingga mudah diingat.
Mari kita simak video berikut untuk lebih jelasnya!

Selanjutnya, tugas Ananda adalah, carilah contoh teks eksplanasi tentang pencernaan pada manusia/makanan sehat. Ananda dapat mencari di koran, majalah, internet atau lainnya. Setelah itu buatlah ringkasan dari teks eksplanasi yang Ananda temukan.

Pembahasan:

Teks Eksplanasi 1

“Mengenal Makanan Sehat Bagi Tubuh”

Jenis makanan yang akan kita makan sangat menentukan kesehatan tubuh kita, khususnya kesehatan sistem pencernaan. Kita dapat menderita gangguan pencernaan jika salah memilih makanan. Ketika memilih makanan, hendaknya kita memperhatikan kandungan gizinya. Makanan yang terasa enak belum tentu baik untuk kesehatan pencernaan.

Kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh, antara lain, karbohidrat, lemak, protein, dan vitamin. Kita bisa menemukan kandungan gizi tersebut pada sayuran, buah, dan susu. Contoh buah yang mudah kita temukan adalah jeruk, apel, dan pisang. Sementara sayuran yang bisa kita olah menjadi makanan adalah kol, swai, wortel, dan tomat.

Saat ini banyak makanan dan minuman cepat saji yang tidak sehat untuk kita konsumsi. Misalnya, burger, hotdog, pizza, dan minuman bersoda. Makanan dan minuman cepat saji tersebut memang memiliki rasa yang enak. Akan tetapi, kandungan dalam makanan dan minuman itu tidak baik untuk kesehatan pencernaan kita. Makanan cepat saji mengandung lemak tinggi, sedangkan minuman bersoda memiliki kadar gula yang tinggi. Jika kita konsumsi terlalu sering, makanan dan minuman cepat saji dapat meningkatkan risiko obesitas atau kegemukan.

Ide Pokok teks eksplanasi “Mengenal Makanan Sehat Bagi Tubuh”
Paragraf 1 : Jenis makanan yang kita makan sangat menentukan kesehatan sistem pencernaan.
Paragraf 2 : Kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh antara lain karbohidrat, lemak, protein, dan vitamin.
Paragraf 3 : Saat ini banyak makanan dan minuman cepat saji yang tidak sehat untuk dikonsumsi.

Ringkasan “Mengenal Makanan Sehat Bagi Tubuh”
Jenis makanan yang kita makan sangat menentukan kesehatan sistem pencernaan. Ketika memilih makanan hendaknya kita memperhatikan kandungan gizinya. Kandungan gizi yang diperlukan tubuh antara lain karbohidrat, lemak, protein, dan vitamin. Kita bisa menemukan kandungan gizi tersebut pada sayuran, buah, dan susu. Saat ini banyak makanan dan minuman cepat saji yang tidak sehat untuk dikonsumsi. Jika kita konsumsi terlalu sering, maknan dan minuman tersebut dapat meningkatkan risiko obesitas.

Teks Eksplanasi 2

“Sistem Pencernaan Manusia”

Sistem pencernaan adalah proses yang dilakukan oleh sistem organ pencernaan untuk mengolah makanan agar dapat diserap nutrisinya dan diubah menjadi energi. Sistem organ pencernaan terdiri dari organ-organ yang memiliki peranannya masing-masing dalam mengolah makanan.

Organ pencernaan manusia terdiri dari: organ yang membentuk saluran pencernaan dan organ padat. Organ yang membentuk saluran pencernaan diantaranya: mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Sedangkan organ padat terdiri dari: hati, pankreas, dan kantong empedu.

Pencernaan penting karena tubuh membutuhkan nutrisi dari makanan dan minuman untuk dapat beraktivitas dengan baik dan tetap sehat. Nutrisi yang diperlukan tubuh yaitu: karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air. Sistem pencernaan memecah nutrisi menjadi bagian-bagian yang cukup kecil untuk diserap tubuh dan digunakan untuk energi, pertumbuhan, dan perbaikan sel.

Sistem pencernaan memecah nutrisi menjadi bagian-bagian yang cukup kecil untuk diserap tubuh. Dikutip dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, setiap bagian dari sistem pencernaan membantu memindahkan makanan dan cairan melalui saluran pencernaan, memecah makanan dan cairan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, atau keduanya.

Setelah makanan dipecah menjadi bagian-bagian yang cukup kecil, tubuh dapat menyerap dan memindahkan nutrisi ke bagian tubuh yang membutuhkan. Usus besar menyerap air, dan produk limbah pencernaan menjadi feses. Saraf dan hormon membantu mengontrol proses pencernaan.

Ide pokok teks eksplanasi “Sistem Pencernaan Manusia”
Ide pokok paragraf 1: Sistem pencernaan adalah proses yang dilakukan oleh sistem organ pencernaan untuk mengolah makanan agar dapat diserap nutrisinya dan diubah menjadi energi
Ide pokok paragraf 2: Organ pencernaan terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, hati, kantong empedu, pankrean, usus halus, usus besar, rektum dan anus.
Ide pokok paragraf 3: Pencernaan penting karena tubuh membutuhkan nutrisi dari makanan dan minuman untuk beraktivitas dengan baik dan tetap sehat.
Ide pokok paragraf 4: Sistem pencernaan memecah nutrisi menjadi bagian-bagian yang cukup kecil untuk diserap tubuh.
Ide pokok paragraf 5: Setelah makanan dipecah menjadi bagian-bagian yang cukup kecil, tubuh dapat menyerap dan memindahkan nutrisi ke bagian tubuh yang membutuhkan.

Ringkasan “Sistem Pencernaan Manusia”
Sistem pencernaan adalah proses yang dilakukan oleh sistem organ pencernaan untuk mengolah makanan menjadi energi. Organ pencernaan manusia terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, hati, kantong empedu, pankreas, usus halus, usus besar, rektum dan anus. Pencernaan penting karena tubuh membutuhkan nutrisi dari makanan dan minuman untuk beraktivitas dengan baik dan tetap sehat. Sistem pencernaan memecah makanan menjadi bagian-bagian yang cukup kecil. Setelah makanan dipecah menjadi bagian-bagian yang cukup kecil, tubuh dapat menyerap dan memindahkan nutrisi ke bagian tubuh yang membutuhkan.

Demikian pembahasan mengenai Cara Meringkas Teks Eksplanasi Kelas 5 SD. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.