Cara Menggali Isi Pidato

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi tentang pidato. Pembahasan akan fokus kepada cara menggali isi pidato tentang “Menjaga Kebersihan Lingkungan Kelas” dari ketua kelas. Semoga bermanfaat ya.

Cara Menggali Isi Pidato

Pidato adalah kegiatan berbicara di depan orang banyak untuk memberikan informasi atau pendapat mengenai suatu hal.

Langkah-Langkah Menggali Isi Pidato yang Dibaca

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menggali isi pidato yaitu:

  1. Membaca dan memahami teks pidato dengan benar.
  2. Menemukan unsur-unsur pidato.
  3. Mencatat hal-hal penting mengenai isi pidato.

Unsur-Unsur Pidato antara lain:

  1. Salam pembuka
  2. Sapaan
  3. Ucapan syukur
  4. Isi pidato
  5. Kalimat penutup
  6. Salam penutup

Menggali Isi Teks Pidato “Menjaga Kebersihan Sekolah”

Assalamuálaikum wr. br.

Yang terhormat Ibu Guru kelas 6 serta teman-teman yang saya sayangi.

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua sehingga kita masih diberi kenikmatan berupa kesehatan jasmani dan rohani. Aamiin.

Hadiri yang saya hormati, kebersihan merupakan bagian dari iman. Jadi alangkah indahnya jika kebersihan ditanamkan pada setiap perilaku hidup kita termasuk dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah, terutama di lingkungan kelas.

Karena kebersihan bukan hanya tanggung jawab penjaga sekolah, apalagi bapak/ibu guru, tetapi yang utama menjaga kebersihan lingkungan sekolah merupakan tanggung jawab kita selaku siswa yang hampir setiap hari ada di sini. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita yang setiap hari berada di sini untuk selalu menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan kelas ini. Kelas ini merupakan rumah kedua kita yang harus sama-sama dijaga, dirawat, dan harus selalu bersih sehingga menjadikan kita nyaman dalam belajar.

Hadirin yang saya hormati, saya selaku ketua kelas VI, menghimbau agar kita selalu menjaga kebersihan lingkungan kelas demi kenyamanan bersama. Marilah mulai saat ini kita menyimpan dan menempatkan barang dan alat baik milik pribadi atau milik sekolah pada tempat yang seharusnya dan tidak membuang sampah sembarangan. Serta meningkatkan tugas kebersihan sesuai dengan jadwal piket yang telah ada agar tercipta lingkungan yang indah, nyaman dan tentu saja meningkatkan kesehatan kita.

Ibu Guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi, hanya itu yang dapat saya sampaikan dan mohon maáf jika ada kata yang tidak sepantasnya saya sampaika, termikasih.

Wassalamu’alaikum wr. br.

1. Siapakah orator dan audiensi dalam teks pidato tersebut?

Pembahasan:
Orator: Ketua Kelas VI
Audiensi: Ibu Guru dan siswa siswi kelas VI

2. Apa tema pada teks pidato tersebut?

Pembahasan:
Tema Pidato: Kebersihan Lingkungan Kelas

3. Apakah pesan yang disampaikan oleh orator?

Pembahasan:
Pesan pidato: siswa siswi kelas VI diharapkan menjaga kebersihan lingkungan kelas.

4. Buatlah ringkasan singkat mengenai isi pidato yang disampaikan orator!

Pembahasan:
Kebersihan lingkungan kelas VI merupakan tanggung jawab siswa VI. Oleh karena itu, seluruh siswa kelas VI harus menjaga lingkungan kelas bersama dengan cara menyimpan dan menempatkan barang dan alat baik milik pribadi atau milik sekolah pada tempat yang seharusnya dan tidak membuang sampah sembarangan. Serta meningkatkan tugas kebersihan sesuai dengan jadwal piket yang telah ada agar tercipta lingkungan yang indah, nyaman yang akan meningkatkan kesehatan siswa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *