Berita

Cara Mengecek Apakah Listrik Kita Mendapat Subsidi

Dalam upaya mengurangi beban masyarakat akibat Pandemi Covid-19, pemerintah menggulirkan program listrik gratis dan diskon tarif listrik 50 persen selama tiga bulan. Program ini akan berlaku mulai bulan April sampai Juni 2020.

Namun, tidak semua pengguna listrik bisa memperoleh program tersebut. Untuk program listrik gratis, diperuntukkan untuk pelanggan PLN 450VA dengan kode R1 atau R1T. Jika kode listrik R1M, maka pelanggan tidak akan mendapat subsidi listrik gratis. Kode R1M menunjukkan pelanggan termasuk ke dalam kategori mampu (tidak disubsidi).

Untuk pelanggan yang menggunakan listrik 900 VA bisa mendapat diskon tarif listrik 50 persen. Sama seperti 450 VA, tidak semua pelanggan 900 VA bisa mendapat diskon. Pelanggan yang mendapat diskon adalah pengguna dengan kode R1 atau R1T. Sedangkan pelanggan 900 VA dengan kode R1M atau R1MT tidak akan mendapat diskon (dikenakan tarif normal).

Untuk mengetahui kita termasuk pelanggan R1, R1T, R1M, atau R1MT, bisa kita lihat di struk pembayaran rekening terakhir atau pembelian pulsa terakhir.

Berikut tampilan kode listrik di struk pembelian pulsa terakhir. Kode bisa dilihat di tarif/daya. Di sana akan tertulis R1, R1T, R1M, atau R1MT.

Jika ingin pelanggan memiliki kode pelanggan R1 atau R1T (450 VA atau 900 VA) bisa mengklaim program listrik gratis atau diskon 50 persen, dapat dilakukan dengan dua cara. Cara pertama melalui whatsapp dan cara kedua melalui situs resmi PLN. Yang kita akan bahas kali ini melalui situs resmi PLN karena melalui Whatsapp ada sedikit kendala.

  1. Buka situs resmi PLN di alamat : https://layanan.pln.co.id/
  2. Pada menu sebelah kiri, silakan klik Gratis/Diskon Stimulus PSBB
  3. Pada Pencarian, silakan ketik nomor ID Pelanggan (nomor kilometer).
  4. Setelah itu silakan tekan enter atau klik cari.
  5. Jika mendapat subsidi atau gratis, maka token akan langsung terlihat. Silakan masukkan nomor token.

Cara tersebut juga bisa digunakan untuk mengecek apakah kita mendapat subsidi listrik atau tidak.

Untuk pelanggan 450 VA akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi 3 bulan terakhir, sedangkan untuk pelanggan 900 VA akan mendapat token senilai 50 persen dihitung dari pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker