Benda-Benda di Sekitar yang Menggunakan Sifat-Sifat Cermin

Hai adik-adik kelas 4 SD, sebelumnya kita telah belajar mengenai sifat-sifat cermin. Kali ini kita akan belajar mengenai benda-benda di sekitar yang menggunakan sifat-sifat cermin (cermin datar, cermin cekung, maupun cermin cembung) beserta cara kerja dan fungsi serta manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari.

Benda-Benda di Sekitar yang Menggunakan Sifat-Sifat Cermin

Berikut merupakan tabel Benda-Benda di Sekitar yang Menggunakan Sifat-Sifat Cermin yang dilengkapi bentuk cermin, cara kerja, dan manfaat.

Nama BendaBentuk CerminCara KerjaManfaat
Kaca SpionCembungCermin cembung memberikan area penglihatan yang lebih luas dibandingkan dengan cermin datarMemudahkan pengemudi melihat area belakang kendaraan secara luas.
Lampu senterCekungCermin cekung memparalelkan cahaya sehingga semua cahaya dapat bergerak lurus ke depan.Cahaya lampu senter akan terfokus dan bisa sampai jauh.
Kaca mulut (Alat mengecek gigi pasien)CekungCermin cekung membuat bayangan gigi lebih besar.Memudahkan dokter gigi untuk melihat gigi pasien.
ProyektorCekungUntuk menyebarkan atau pemantul cahaya pada layarBayangan yang dihasilkan oleh proyektor menjadi proporsional dan jelas.
Cermin tikunganCembungCermin cembung dapat menambah jarak pandang pengemudi kendaraan saat di tikungan.Memudahkan pengemudi melihat kendaraan di arah berlawanan saat ada di tikungan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *