BeasiswaPelatihan

Beasiswa Pelatihan Guru Ke Amerika Serikat

American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) membuka kesempatan bagi guru-guru di Indonesia untuk mengikuti pelatihan ke Amerika Serikat. Pelatihan dilaksanakan selama lima bulan. Di sana guru akan mendapat kesempatan untuk melakukan praktik mengajar, obervasi kelas, hingga membuat proyek pembelajaran beberapa sekolah di sana.

Selama mengikuti kegiatan pelatihan, guru tidak akan dipungut biaya. AMINEF melalui program Fulbright Distinguished Awards In Teaching Program for International Teachers (Fulbright DAI) malah akan menanggung biaya meliputi:

  1. Seluruh biaya program pelatihan.
  2. Tiket keberangkatan dan kepulangan guru, sekaligus seluruh tiket domestik yang diperlukan selama pelatihan di Amerika.
  3. Biaya untuk membuat visa.
  4. Biaya pelatihan dan persiapan sebelum keberangkatan
  5. Biaya akomodasi, transportasi, dan konsumsi selama pelatiha.
  6. Biaya tunjangan hidup selama mengikuti program pelatihan.
  7. Asuransi kesehatan dan kecelakaan.

Untuk bisa mengikuti pelatihan tersebut, guru harus memenuhi beberapa persyaratan berikut.

  1. Berstatus guru penuh baik itu tingkat SD, SMP, maupun SMA di sekolah-sekolah dengan mayoritas siswa merupakan warga negara Indonesia.
  2. Memiliki pengalaman mengajar 5 tahun atau lebih untuk semua jenis bidang studi.
  3. Memiliki ijazah S1 atau sederajat.
  4. Memiliki kemampuat berbahasa Inggris dibuktikan dengan skor TOEFL minimal 500 atau iBT minimal 60/61
  5. Memiliki komitmen terus mengajar setelah mengikuti program pelatihan.

Biasiswa ini tidak hanya khusus guru. Program ini bisa diikuti oleh guru bimbingan karir, staff perpustakaan, kordinator mata pelajaran, penyusun kurikulum, dan petugas administrasi.

Bagi guru yang berminat mengikuti program pelatihan ini, dapat melakukan pendaftaran pendaftaran secara online atau mengirimkan hardcopy ke AMINEF di Jakarta.

Mengirim hardcopy ke AMINEF Office Address

  1. Download dan isi formulir pendaftaran : Formulir Pendaftaran
  2. Melengkapi dokumen seperti: “Statement Purpose”, Fotokopi KTP/Passport, Fotokopi hasil TOEFL/IELTS, Menandatangani Surat Pernyataan, Curriculum Vitae (CV), Surat Rekomendasi dari pimpinan, dan Surat Ijin dari Pimpinan.
  3. Kelengkapan dikirim ke: American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) Intiland Tower, Lantai 11 Jalan Jenderal Sudirman Kav. 32 Jakarta 10220 Tel: (021) 579 39 085 ~ 9086

Mengirim pendaftaran secara online

  1. Melakukan pendaftaran secara online melalui link : Daftar
  2. Petunjuk pendaftaran bisa dilihat di link berikut : Petunjuk Pendaftaran
  3. Seluruh berkas dibuat dalam bentuk PDF.

Batas akhir pendaftaran tanggal 1 Maret 2020

Sumber : AMINEF

189 Comments

          1. Dear Amin,
            Saya sudah membaca kolom pendaftarannya. Apakah kelaurga yang boleh dibawa hanya suami and anak saja? Saya masih single dan anak tunggal dan saya memimiliki seorang ibu yang sudah janda, Apakah saya boleh membawa beliau jika saya terpilih nantinya? Mohon informasinya lebih lanjut. Terima kasih

          1. Amnef. Alangkah baiknya bila ada tembusan juga ke Dinas pendidikan . Jadi kami bisa mendapat surat tugas. Kalo tidak ada rekomendasi dari dinas terkait. Maka dianggap cuti diluar tanggungan negara. Terkait gaji kami sebagai PNS. Mohon masukan

        1. Sumber sudah ada di bagian bawah postingan. Bukan hoax… Silakan cek website AMINEF, link sudah ada di bagian bawah postingan…

          1. Apakah lima tahun itu harus diinstansi yang sama? Apakah boleh jika total keseluruhan itu 5 tahun bahkan lebih?

    1. Paling lambat pendaftaran 1 Maret 2020. Lakukan pendaftaran setelah semua TOEFL keluar. Usahakan sebelum tanggal 1 Maret 2020…

  1. untuk CV, Surat rekomendasi dan surat izin dari pimpinan harus berbahasa inggris atau tidak?
    mungkin ada link untuk contoh surat nya

  2. Pak, salah satu persyaratan adalah “statement purpose”. Apakah sy bisa lihat contohnya? Dan apakah ijazah sbg persyaratan hrs diterjemahkan ke dlm bhs Inggris?

    1. Pak apakah nanti ada seleksi lagi jika sudah mendaftar secara online? Biasanya kalau ada seleksi Lagi apa jenis seleksinya?

  3. selamat sore admin,,,apakah untuk perangkat desa bisa ikut mendaftar,,di informasi tertulis petugas administrasi (kasi pemerintahan),, dan apakah persyaratan sama dengan persyaratan guru ???

    1. Beasiswa pelatihan ini untuk petugas administrasi yang ada di sekolah. Yang berinteraksi penuh dengan siswa yang ada di sekolah…

      1. Kepala sekolah bisa daftar?
        Brp lama prog ini?
        Setelah prog usai, yg guru kembali mengajar di sekolah asal? Kalau kep sekolah?

        1. Ini pelatihan untuk Guru Pak. Pelatihan ini selama 5 bulan. Untuk guru, setelah pelatihan wajib kembali mengajar di sekolah asal…

          1. Kan status nya masih honorer, takutnya kl ditinggal pelatihan pas kembali ke sekolah asal udah ada penggantinya..trus .gimana nasib selanjutnya setelah pelatihan, ….

  4. Saya dulu pernah bekerja di bagian administrasi sekolah selama 6 tahun dan menjadi pengajar yayasan lepas selama sekitar 2 tahun. Namun baru pindah mengajar disekolah sekitar 2 tahunan, apakah masih bisa mengikuti kegiatan ini?

  5. Saya mengajar bahasa Inggris penuh di SD, dan kelas III tidak ada guru karena mutasi hingga kepala sekolah masuk didapodik dan harus mengisi kelas di kelas III full namun juga ditugaskan sebagai kepala sekolah bisa ikut ya.

      1. Terimakasih. Saya sungguh ingin mendalami metode dan model pembelajaran bahsa Inggris untuk pada primary school di Amerika.

  6. Saya punya TOEFL EPT (English Proficiency Test). Apakah ini bisa digunakan? Karena di daerah saya, saya harus menunggu cukup lama hingga jumlah peserta test memenuhi kuota untuk mengikuti TOEFL IPT.

  7. Apakah daftaranya online, terus berkas tetap dikirm lagi ke jakarta? Di Penjelasan mengenai cara mendaftar tidak dijelaskan apakah pendaftar hanya memilih salah satu cara mendaftar misalnya lewat onine atau kirim langsung berkas.

  8. Maaf, Untuk passport, dikirim sbg persyaratan bersama dg syarat yg lain sebelum seleksi, ataukah jika sdh dinyatakan lolos baru kirim passport?

  9. Hai admin, klo untuk staff perpustakaan sekolah, apakah ada juga? Dan bagaimana jika belum S1? misal masih SMA apakah tidak bisa? Ini untuk staff perpustakaan. Terima kasih.

  10. Mohon pencerahannya Admin, Saya punya passport tapi sudah expired tahun lalu, apakah tetap fc. Passport atau pakai KTP saja? Thank you

      1. Saya guru SD dari Papua Kabupaten Biak, saya sangat tertarik namun saya kurang mahir bahasa inggris.
        Apakah biaya sdh mulai ditanggung mulai dari kabupaten asal atau hanya jakarta ke amerika.
        Terima kasih.

  11. Min,
    1. syarat sudah mengajar 5 tahun apakah harus continue? Saya kalau ditotal sudah mengajar 5 tahun, namun tidak kontinyu, terpotong dengan waktu lanjut studi, sy mengajar dari 2010. 2013 saya lanjut studi sampai 2016. 2017 saya baru aktif mengajar lagi
    2. Apakah boleh untuk dosen program ini?

  12. Kak, apakah beasiswa ini hanya utk guru yang mengajar di formal school? Apakah yg informal atau guru les bisa ikut?

  13. Pak..
    Saat ini pengalaman mengajar saya kalau dijumlah mungkin memang sekitar 5thn an.. tapi itu kalau ditambah pengalaman jadi dosen di Politeknik. Apakah bisa? Sedangkan saat ini saya jadi guru SMK baru sekitar 3 tahun. Terus pakai surat rekomendasinya dari yang mana?
    Sejauh ini tinggal urus lagi sertifikat TOEFL, yang lama sudah expired.

  14. Pak Admin, rencananya saya mau mengirim hardcopy berkas pendaftarannya, dan formulir pendaftaran sudah saya unduh tapi tidak bisa diketik utk mengisinya, apakah boleh sy tulis tangan saja?

    1. Untuk dosen belum ada. Mungkin bisa mengikuti program beasiswa S2 dan S3 dari AAS (Asian Award Scholarship) dari Australia…

    1. Untuk informasi mengenai pendaftaran lebih detail, silakan mengirimkan email ke panitia pendaftaran infofulbright_ind@aminef.or.id atau American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF)Intiland Tower, Lantai 11 Jalan Jenderal Sudirman Kav. 32 Jakarta 10220 Tel: (021) 579 39 085 ~ 9086

  15. Apakah yang dimaksud direktur sekolah dan supervisor adalah kepala sekolah atau orang yang berbeda ? (Direktur=Kepala Sekolah Supervisor =Pengawas sekolah).

  16. Mau tanya Min, pengalaman mengajar 5 tahun dibuktikan dengan apa ya Min? Misal seperti ini, saya pernah mengajar 1 tahun di salah 1 SMP, lanjut 1 tahun di pedalaman dan lanjut sisanya di sekolah yang sekarang 3 tahun, apakah bisa terhitung 5 tahun?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker