Pengumuman:
Bagi yang ingin bertanya soal, silakan mengirim soal dalam bentuk pdf melalui massanger facebook Osnipa. Tim Osnipa akan berusaha memberikan referensi jawaban. Terimakasih.
Akurat dan Terpercaya

Bagaimana Proses Terjadinya Percampuran Budaya Indonesia dengan Bangsa Asing Kelas 5 SD

Bagaimana Proses Terjadinya Percampuran Budaya Indonesia dengan Bangsa Asing Kelas 5 SD

Hai adik-adik kelas 5 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Bagaimana Proses Terjadinya Percampuran Budaya Indonesia dengan Bangsa Asing Kelas 5 SD.

Faktor-faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia adalah masyarakat majemuk yang terdiri atas berbagai macam suku, agama, ras dan budaya. Keberagaman tersebut merupakan ciri khas dan menjadi identitas bangsa yang membedakan Indonesia dengan negara lain.

Ada beberapa faktor penyebab terciptanya masyarakat yang majemuk di Indonesia yaitu:

  1. Faktor letak geografis negara Indonesia yang dilalui garis khatulistiwa berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia dengan demikian Indonesia terletak di jalur persimpangan transportasi laut dunia.
  2. Faktor sejarah Indonesia yaitu adanya percampuran budaya asing akibat kedatangan bangsa penjajah yang cukup lama dan berbaur dengan masyarakat sehingga cipta budaya baru.
  3. Faktor keberagaman kenampakan alam di Indonesia karena wilayah Indonesia terdiri atas pulau-pulau mengakibatkan masyarakat antarpulau sulit berhubungan satu sama lain akibatnya setiap pulau yang terisolasi mengembangkan cara hidupnya masing-masing berdasarkan kondisi alam di pulau tersebut sehingga menciptakan sosial dan budaya yang khas dan berbeda satu dengan yang lain.

1. Bagaimana proses terjadinya percampuran budaya Indonesia dengan bangsa asing?

Pembahasan:
Percampuran budaya Indonesia dengan bangsa asing terjadi akibat kedatangan bangsa penjajah yang cukup lama dan berbaur dengan masyarakat sehingga menciptakan budaya baru.

2. Mengapa keberagaman kenampakan alam Indonesia dapat mempengaruhi terbentuknya keberagaman dalam sosial dan budaya masyarakat di Indonesia?

Pembahasan:
Keberagaman kenampakan alam di Indonesia karena wilayah Indonesia terdiri atas pulau-pulau mengakibatkan masyarakat antarpulau sulit berhubungan satu sama lain akibatnya setiap pulau yang terisolasi mengembangkan cara hidupnya masing-masing berdasarkan kondisi alam di pulau tersebut sehingga menciptakan sosial dan budaya yang khas dan berbeda satu dengan yang lain.

3. Tuliskanlah tiga jenis keberagaman di Indonesia dan berikan masing-masing tiga contohnya!

Pembahasan:
Tiga jenis keberagaman di Indonesia:
(1) Keberagaman suku contohnya Suku Dayak, Suku Jawa, Suku Bali, dan sebagainya.
(2) Keberagaman agama contohnya Agama Hindu, Budha, Islam, Kristen, Katolik, dan Kong Hu Chu
(3) Keberagaman ras contohnya Ras Negroid dan Mongoloid.

Demikian pembahasan mengenai Bagaimana Proses Terjadinya Percampuran Budaya Indonesia dengan Bangsa Asing Kelas 5 SD. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.