Pengumuman:
Bagi yang ingin bertanya soal, silakan mengirim soal dalam bentuk pdf melalui massanger facebook Osnipa. Tim Osnipa akan berusaha memberikan referensi jawaban. Terimakasih.
Akurat dan Terpercaya

Bagaimana Cara Mencegah Agar Gelas Dingin Tidak Pecah Saat Diisi Air Panas? Kelas 5 SD

Bagaimana Cara Mencegah Agar Gelas Dingin Tidak Pecah Saat Diisi Air Panas? Kelas 5 SD

Hai adik-adik kelas 5 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai Akibat Perubahan Suhu. Pembahasan akan fokus kepada Bagaimana cara mencegah agar gelas dingin tidak pecah saat diisi air panas? Sebutkan ciri-ciri benda yang mengalami pemuaian dan penyusutan! Bagaimana cara memasang kaca jendela yang benar agar tidak pecah saat terjadi pemuaian?

Ananda, pada pembelajaran sebelumnya kita telah belajar akibat perubahan suhu. Semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut. Kalor yang dimanfaatkan dapat memengaruhi wujud benda. Kalor dapat menyebabkan pemuaian dan penyusutan suatu benda.

Pemuaian adalah perubahan benda oleh kalor yang mengakibatkan pertambahan ukuran dan volume benda. Umumnya, benda akan memuai ketika dipanaskan dan menyusut kembali ketika didinginkan. Mari kita simak video berikut!

Selanjutnya tugas Ananda adalah menjawab pertanyaan berikut ini!

1. Bagaimana cara mencegah agar gelas dingin tidak pecah saat diisi air panas?

Pembahasan:
Cara mencegah agar gelas dingin tidak pecah saat diisi air panas dengan memasukkan sendok ke dalam gelas sehingga kalor dari air terbagi ke sendok.

2. Sebutkan ciri-ciri benda yang mengalami pemuaian dan penyusutan!

Pembahasan:
Ciri benda yang mengalami pemuaian yaitu bertambah panjang, lebar, luas, atau volume karena terkena kalor atau panas.
Ciri benda yang mengalami penyusutan yaitu berkurang panjang, lebar, luas, atau volume saat suhu dingin.

3. Bagaimana cara memasang kaca jendela yang benar agar tidak pecah saat terjadi pemuaian?

Pembahasan:
Cara memasang kaca jendela kaca jendela yang benar agar tidak pecah saat terjadi pemuaian adalah dengan memberikan ruang pemuaian pada bingkai kaca.

Demikian pembahasan mengenai Bagaimana Cara Mencegah Agar Gelas Dingin Tidak Pecah Saat Diisi Air Panas? Kelas 5 SD. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.