Menu
Akurat dan Terpercaya

Apa yang Dimaksud Suhu? Kelas 5 SD

  • Share
Apa yang Dimaksud Suhu? Kelas 5 SD

Hai adik-adik kelas 5 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai Perbedaan suhu dan kalor. Pembahasan akan fokus kepada Apa yang Dimaksud Suhu? Kelas 5 SD.

Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabar kalian? Pastinya sekarang menjadi lebih rajin belajar di sekolah dan membantu orang tua di rumah ya.

Anak-anak, tentunya teman-teman di sekolah dan setiap anggota keluarga di rumah mempunyai minuman kesukaan yang berbeda-beda, ada yang suka minuman panas atau minuman dingin.

Ketika di rumah, ibu meminta tolong kalian untuk membuat teh panas atau es jeruk, tahukah kalian bahan-bahan yang diperlukan? Ya, betul untuk membuat teh panas memerlukan beberapa sendok daun teh dan air panas. Untuk membuat es jeruk, perlu jeruk, air, dan es batu. Bagaimana kamu dapat menentukan bahwa air teh terasa panas dan es jeruk terasa dingin? Dalam kehidupan sehari-hari, kamu sering mengukur suhu dengan sentuhan telapak tangan. Indera peraba akan mengirimkan informasi ke otak untuk memberi tahu bahwa sesuatu itu terasa panas atau dingin. Nah, betulkah indera peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu suatu benda? Dapatkah kamu menentukan dengan tepat perbedaan suhu antara dua benda dengan menggunakan indra peraba pada telapak tangan? Untuk lebih jelasnya, simak vidio berikut!

Setelah menyimak video, pastinya pengetahuanmu semakin bertambah. Tugas kalian adalah menjawab soal-soal berikut!

1. Apa yang dimaksud suhu?

Pembahasan:
Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut.

2. Apa yang dimaksud kalor?

Pembahasan:
Kalor adalah energi panas yang berpindah dari benda bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu yang lebih rendah
.

3. Apa perbedaan antara suhu dan kalor? Jelaskan!

Pembahasan:
Perbedaan suhu dengan kalor
(1) Kalor merupakan energi panas, sedangkan suhu merupakan tingkat energi panas (kalor) yang ada pada benda.
(2) Alat mengukur kalor adalah kalorimeter dan alat ukur suhu adalah thermometer.

4. Dapatkah kamu menentukan dengan tepat perbedaan suhu antara dua benda dengan menggunakan indra peraba pada telapak tangan?

Pembahasan:
Saya tidak dapat menentukan dengan tepat perbedaan suhu antara dua benda denagn menggunakan indra peraba pada telapak tangan.

5. Mengapa indera peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu suatu benda? Jelaskan!

Pembahasan:
Karena indra peraba setiap orang memiliki perbedaan dalam merasakan suhu benda. Misalkan bagi orang yang baru pertama kali ke gunung, tentu akan merasa kedinginan. Sedangkan bagi penduduk yang tinggal di gunung, tentu tidak akan merasakan kedinginan karena sudah terbiasa.

Demikian pembahasan mengenai Apa yang Dimaksud Suhu? Kelas 5 SD. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *