Menu
Akurat dan Terpercaya

Apa yang Dimaksud dengan Dongeng? Kelas 6 SD

  • Share
Apa yang Dimaksud dengan Dongeng? Kelas 6 SD

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Pengaitan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita dongeng dengan pengalaman pribadi. Pembahasan akan fokus mengenai Apa yang Dimaksud dengan Dongeng? Kelas 6 SD

Assalamualaikum wr.wb. Apa kabar Ananda semua? Semoga Ananda semua selalu dalam keadaaan sehat dan tetap semangat belajar ya!

Ananda yang hebat, Budaya membaca merupakan salah satu kunci membangun masyarakat sejahtera. Karena dengan membaca, kita akan memperoleh informasi sehingga masyarakat dapat menjadi lebih cerdas dan lebih kreatif.

Tidak hanya cerita yang berupa fakta atau nonfiksi, cerita fiksi pun dapat menambah wawasan dan hiburan. Dengan membaca cerita fiksi, kita dapat mengimajinasikan sendiri peristiwa dalam cerita tersebut. Bahkan tak jarang sebuah peristiwa dalam cerita fiksi memiliki kesamaan peristiwa dengan seseorang. Apakah kalian pernah merasakan hal yang sama?

Hari ini kita akan mempelajari bagaimana caranya mengaitkan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi jenis dongeng dengan pengalaman pribadi. Untuk mengetahui hal tersebut, silakan disimak video pada link berikut ini.

1. Apa yang dimaksud dengan dongeng?

Pembahasan:
Dongeng merupakan bentuk cerita yang bersifat khayalan dan ajaib yang berasal dari mulut ke mulut dan dari generasi ke generasi.

2. Siapakah tokoh-tokoh dalam dongeng yang berjudul Chiko Si Kelinci Putih?

Pembahasan:
Tokoh dalam dongeng yang berjudul Chiko Si Kelinci Putih:
(1) Kelinci yang bernama Chiko
(2) Ular yang bernama Brian
(3) Gajah yang bernama Bima

3. Jelaskan amanat yang terkandung dalam cerita tersebut!

Pembahasan:
Kita harus menolong orang yang sedang kesusahan.

4. Apakah kalian pernah mengalami peristiwa yang sama dengan tokoh pada dongeng tersebut? Jelaskan!

Pembahasan:
Pernah, saat itu saya diganggu oleh kakak kelas kemudian saya ditolong oleh salah satu teman kelas saya. Sampai saat ini, saya berteman baik dengannya.

5. Berdasarkan pengalaman kalian, mungkinkah sebuah peristiwa dalam cerita fiksi memiliki kesamaan peristiwa dengan seseorang? Jelaskan!

Pembahasan:
Berdasarkan pengalaman saya itu, ternyata peristiwa dalam cerita fiksi dapat memiliki kesamaan dengan pengalaman pribadi saya. Walaupun hal itu terjadi secara tidak sengaja.

Demikian pembahasan mengenai Apa yang Dimaksud dengan Dongeng? Kelas 6 SD. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *