Akurat dan Terpercaya
Indeks

Apa yang Digunakan oleh Nelayan Tradisional untuk Menangkap Ikan? Kelas 4 SD

Apa yang Digunakan oleh Nelayan Tradisional untuk Menangkap Ikan? Kelas 4 SD

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai Apa yang Digunakan oleh Nelayan Tradisional untuk Menangkap Ikan? Semoga bermanfaat.

Anak-anak hebat, salah satu pekerjaan yang banyak terdapat di pesisir pantai adalah nelayan. Nelayan merupakan sebutan bagi orang-orang yang sehari-harinya bekerja menangkap ikan atau biota lainnya yang ada di laut. Tentunya dalam menangkap ikan, nelayan juga harus memperhatikan kelestarian sumber daya alam yang ada.

Sekarang, mari kita baca teks tentang nelayan  berikut ini!

Ayahku Seorang Nelayan

Ayah bekerja sebagai seorang nelayan tradisional. Ayah tinggal di kampung nelayan. Ayah pergi melaut pada malam hari. Ayah membawa sampan dan jaring untuk pergi berlayar.

Saat berlayar, Ayah harus menghadapi ombak dan badai di laut. Karena hanya menggunakan sampan, Ayah tidak dapat pergi melaut terlalu jauh. Tangkapan ikan Ayah kadang banyak kadang sedikit. Semua bergantung pada cuaca. Sampan Ayah tidak bermesin. Ayah tidak perlu membeli bahan bakar.

Aku mendengar sekarang ada nelayan yang modern. Kapalnya lebih besar dan menggunakan bantuan mesin sehingga tidak mudah terguncang ombak. Kapal ini menggunakan mesin sehingga memerlukan bahan bakar. Banyak pemilik kapal tidak memedulikan penggunaan bahan bakar. Ada yang boros sehingga mencemari lingkungan perairan. Mereka bisa berlayar ke laut lepas sehingga tangkapan ikannya banyak. Alat penangkap ikan mereka berupa jaring dan juga radar yang bisa mendeteksi kumpulan ikan, bahkan ada yang menggunakan bom.

Aku cukup sedih melihat sekarang ini banyak yang menangkap ikan dengan pukat harimau dan bahan peledak.

Pukat harimau adalah jaring sangat besar yang dapat menjaring semua makhluk hidup laut.

Bom ikan adalah bahan peledak untuk menangkap ikan. Cara ini dapat menyebabkan hancurnya terumbu karang dan habitat ikan.

Nah Anak-anak hebat, kalian sudah mengetahui bahwa ada nelayan yang menangkap ikan dengan cara tradisional dan ada juga nelayan yang menangkap ikan dengan peralatan modern.

Selanjutnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1. Apa yang digunakan oleh nelayan tradisional untuk menangkap ikan?

Pembahasan:
Untuk menangkap ikan nelayan tradisional mengunakan jaring atau jala, bubu/keramba dan pancing

2. Apa yang digunakan oleh nelayan modern untuk menangkap ikan?

Pembahasan:
Untuk menangkap ikan nelayan modern menggunakan jaring, bubu keramba, pukat harimau, radar, bom ikan

3. Tulislah persamaan dan perbedaan dari nelayan modern dan tradisional dalam diagram Venn berikut!

3. Tulislah persamaan dan perbedaan dari nelayan modern dan tradisional dalam diagram Venn berikut!

Pembahasan:

3. Tulislah persamaan dan perbedaan dari nelayan modern dan tradisional dalam diagram Venn berikut!

4. Setujukah kamu dengan penangkapan ikan menggunakan pukat harimau dan bom ikan? Menurutmu apa yang akan terjadi dengan laut jika semua nelayan menggunakannya untuk menangkap ikan di laut?

Pembahasan:
Saya tidak setuju dengan penggunaan pukat harimau dan bom ikan karena penggunaan pukat harimau dapat menjaring seluruh ikan baik yang besar sampai yang paling kecil serta menggerus terumbu karang. Selain itu penggunaan bom ikan akan menyebabkan seluruh ikan termasuk ikan langka akan mati, terumbu karang juga ikut hancur. Sehingga jika semua nelayan menggunakan pukat harimau dan bom ikan maka bisa menyebabkan rusaknya ekosistem.

5. Bagaimana seharusnya para nelayan mencari ikan supaya kelestarian ekosistem tetap terjaga?

Pembahasan:
Supaya kelestarian ekosistem tetap terjaga, maka para nelayan seharusnya menangkap ikan dengan menggunakan alat-alat yang ramah lingkungan seperti jala, bubu, dan pancing

Demikian pembahasan mengenai Apa yang Digunakan oleh Nelayan Tradisional untuk Menangkap Ikan? Kelas 4 SD. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.