Akurat dan Terpercaya
Indeks

Apa Pendapatmu Tentang Watak Semut? Kelas 4 SD

Apa Pendapatmu Tentang Watak Semut? Kelas 4 SD

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai dongeng “Semut dan Belalang”. Pembahasan akan fokus kepada Apa pendapatmu tentang watak semut? Apa pendapatmu tentang watak belalang? Apa pesan moral dari dari dongeng “Semut dan Belalang”?

Anak hebat, pada pertemuan sebelumnya kita telah membahas materi tentang penokohon dan pesan moral dalam suatu teks fiksi. Kali ini kita akan belajar mengidentifikasi tokoh dan pesan moral melalui media audio visual ya!

Silahkan perhatikan dongeng “Semut dan Belalang” pada link di bawah ini!

Semut dan Belalang

Di tengah hutan, hiduplah seekor semut yang sangat rajin. Setiap hari semut itu selalu bekerja mengumpulkan makanan dan menyimpannya di dalam lumbung. Teriknya matahari dan derasnya air hujan tidak mengurangi semangat Sang Semut untuk mengumpulkan makanan. Dengan bersusah payah, Sang Semut bekerja keras untuk membawa makanan kemudian dikumpulkan dan disimpan di dalam lumbung rumahnya.

Pada suatu hari ketika sedang bekerja, Sang Semut bertemu dengan seekor belalang yang sedang asyik berjemur sambil bermalas-malasan.

“Hai, Mut, kamu sedang apa?” tanya belalang. “Aku sedang mengumpulkan makanan untuk persiapan musim dingin,” jawab Semut. “Ah, buat apa kamu melakukannya sekarang. Musim dingin masih lama, lebih baik kita bermalas-malasan dahulu,” kata belalang lagi.

Sang Semut tidak memedulikan belalang. Ia tetap bekerja mengumpulkan makanan yang dijumpainya. Demikianlah sepanjang hari Sang Semut sibuk bekerja, sementara Sang Belalang bermalas-malasan.

Akhirnya musim dingin tiba. Sang Semut yang rajin itu duduk dengan nyaman di dalam rumahnya yang hangat. Ia menikmati makanannya yang berlimpah. Belalang termenung sedih di rumahnya karena tidak memiliki makanan sedikit pun. Saat Belalang hampir mati kelaparan, Sang Semut datang dan memberinya makanan. Sejak saat itu, Sang Belalang rajin bekerja mengumpulkan makanan seperti Sang Semut.

Setelah menyaksikan tayangan dongeng tersebut, jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Apa pendapatmu tentang watak semut?

Pembahasan:
Menurut pendapat saya semut berwatak baik, rajin, pekerja keras, suka bergotong royong dan senang menolong.

2. Apa pendapatmu tentang watak belalang?

Pembahasan:
Menurut pendapat saya belalang berwatak pemalas dan sering menganggap remeh dan menyepelekan sesuatu.

3. Apa pesan moral dari dari dongeng “Semut dan Belalang”?

Pembahasan:
Agar kita sukses di masa depan kita harus rajin, bekerja keras, tidak mengeluh, dan saling membantu. Kita tidak boleh terlena dan bermalas-malasan karena akan menyebabkan penyesalan.

Demikian pembahasan mengenai Apa Pendapatmu Tentang Watak Semut? Kelas 4 SD. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.