Pengumuman:
Bagi yang ingin bertanya soal, silakan mengirim soal dalam bentuk pdf melalui massanger facebook Osnipa. Tim Osnipa akan berusaha memberikan referensi jawaban. Terimakasih.
Akurat dan Terpercaya

Apa Pendapatmu dengan Dongeng Tersebut? Merebutkan Sang Juara

Apa Pendapatmu dengan Dongeng Tersebut? Merebutkan Sang Juara

Hai adik-adik kelas 2 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Apa Pendapatmu dengan Dongeng Tersebut? Merebutkan Sang Juara.

Merebutkan Sang Juara

Pada hari Minggu sekolah Rimba Nusantara melakukan perjalanan pembelajaran ke tempat wisata. Monyet, gajah, jerapah dan tentunya si kembar bebek yang bernama Rara dan Riri ikut meramaikan kegiatan tersebut.

Monyet: “Yeyy aku sampai tidak bisa tidur tadi malam menunggu study tour hari ini.

Gajah jerapah Rara dan Riri pun menjawab: “Hahaha kami pun juga sepertimu.”

Jerapah: “Hei dengar-dengar nanti akan ada perlombaan fashion show disana. Rara, Riri kalian sudah siapkan ikut perlombaan itu? kalau aku sih tidak bisa karena perlombaan itu khusus perempuan hahaha.”

Mendengar ucapan jerapah Rara dan Riri pun saling bertatapan dan tersenyum. Akhirnya mereka pun tiba di tempat tujuan.

Guru: “anak-anak kita sudah sampai di Planetarium. Ibu harap anak-anak dapat mematuhi arahan dari ibu bapak guru ya.

Mereka pun turun dari bus secara bergantian mereka mengikuti acara study tour dengan lancar. Saat tiba perlombaan fashion show peserta perlombaan pun menyiapkan penampilan terbaiknya. Riri yang ingin sekali mendapatkan mahkota kejuaraan itu pun tidak ragu untuk melakukan berbagai cara untuk menang termasuk mencurangi saudaranya sendiri itu rara. Riri merobek Rara saat mereka berganti kostum.

Seketika Rara pun bingung dan menangis akibat costumenya rusak. Karena merasa iba dengan Rara, monyet yang mengetahui perbuatan Riri pun mengatakan perbuatan Riri Rara.

Monyet berkata: “Saat kau ganti kostum aku melihat Riri sedang merobek rok yang akan kau pakai.”

Mendengar ucapan monyet pun Rara kaget dan langsung bertanya kepada Riri.

Rara: “Apa benar yang dikatakan monyet Riri?.

Riri yang tidak bisa berbohong kepada saudaranya pun akhirnya mengakui perbuatannya.

Rara: “Hanya karena mahkota kejuaraan itu kau tega berbuat curang kepada saudaramu sendiri? Jika kau menginginkan mahkota kejuaraan itu kau harus mendapatkannya dengan cara yang jujur dan sportif. Aku kecewa kepadamu Riri.”

Rara pun meninggalkan Riri dengan perasaan yang sedih mengetahui perbuatan yang salah. Riri pun menghampiri Rara untuk minta maaf merekapun bermaafan dan hidup ruko seperti sediakala.

1. Apa pendapatmu dengan dongeng tersebut?

Pembahasan:
Menurut saya, dongeng tersebut sangat bagus. Dongeng tersebut mengajarkan kita dalam mengikuti pelombaan kita harus jujur dan sportif. Jangan berbuat curang seperti Riri.

2. Ceritakan kembali dongeng tersebut menggunakan bahasamu sendiri ya!

Pembahasan:
Merebut Sang Juara
Pada hari Minggu, Sekolah Rimba Nusantara melakukan study tour. Monyet, Gajah, Jerapah dan bebek kembar bernama Rara dan Riri ikut kegiatan itu. Mereka bercakap-cakap tentang study tour dan fashion show yang akan mereka ikuti. Saat sudah sampai di planetarium seluruh anak turun dari bus secara bergantian. Mereka mengikuti acara study tour dengan lancar. Setelah itu acara fasion show. Semua peserta menyiapkankan penampilan terbaiknya.
Riri ingin sekali mendapat mahkota juara. Ia berbuat curang dengan cara merobek rok Rara saat berganti kostum. Rara bingung dan menangis karena kostumnya rusak. Monyet iba dengan Rara. Monyet menceritakan kepada Rara bahwa Riri yang merobek roknya. Rara bertanya kepada Riri. Riri mengakui perbuatannya. Rara kecewa dan meninggalkan Riri. Riri merasa bersalah dan meminta maaf kepada Rara. Rara memaafkan Riri dan mereka hidup rukun kembali.

Demikian pembahasan Osnipa mengenai Apa Pendapatmu dengan Dongeng Tersebut? Merebutkan Sang Juara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.