Menu
Akurat dan Terpercaya

Apa Kesimpulanmu Tentang Tanaman Padi dan Teh di Atas?

  • Share
Apa Kesimpulanmu Tentang Tanaman Padi dan Teh di Atas?

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Apa Kesimpulanmu Tentang Tanaman Padi dan Teh di Atas? Selain itu, kita juga akan mambahas Apa perbedaan antara tempat hidup tanaman padi dan teh? Menurutmu, apakah padi bisa tumbuh dengan baik di pegunungan? Sebaliknya, apakah teh bisa tumbuh dengan baik di sawah? Jelaskan alasanmu! Apakah keadaan alam (iklim dan bentuk muka bumi) mempengaruhi pertumbuhan tanaman? Jelaskan! Sebelum menanam tumbuhan tertentu, apa saja yang perlu diperhatikan agar tumbuhan dapat tumbuh dengan baik?

Anak hebat, kegiatan selanjutnya kita akan membahas dua jenis tanaman yang tumbuh pada kenampakan alam yang berbeda. Padi dan teh merupakan dua jenis tanaman yang berbeda, tempat tumbuh kedua jenis tanaman tersebut juga berbeda.

Padi tumbuh di dataran rendah sedangkan teh tumbuh di dataran tinggi. Mari kita pelajari mengenai tanaman padi dan teh dengan membaca bacaan pada link di bawah ini!

Amati gambar dan bacalah teks tentang tanaman padi dan teh berikut! Dimanakah padi dan teh dapat tumbuh? Lingkungan yang seperti apa yang baik untuk tanaman tersebut?

Teks Tentang Tanaman Padi dan Teh

Teks Tentang Tanaman Padi dan Teh

Padi

Padi umumnya tumbuh di daerah yang berhawa panas, banyak mengandung uap air, dan curah hujan yang cukup.

Sinar matahari dan suhu sangat mempengaruhi tanaman padi. Suhu yang baik untuk pertumbuhan tanaman padi adalah 23°C.

Tinggi tempat yang cocok untuk tanaman padi berkisar antara 0-1.500m di atas permukaan laut.

Tanah yang baik untuk pertumbuhan tanaman padi adalah tanah berlumpur yang subur dengan ketebalan 18-22cm. Diperlukan pengairan yang cukup agar padi dapat tumbuh dengan baik.

Teh

Teh umumnya tumbuh di daerah pegunungan.

Suhu yang baik untuk pertumbuhan tanaman teh adalah berkisar 13°C – 15°C dengan curah hujan tahunan tidak kurang dari 2.000 mm3.

Sinar matahari dan suhu udara sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman teh. Bila suhu mencapai 30°C, maka akan memperlambat pertumbuhan tanaman teh.

Tanah yang cocok untuk tanaman teh adalah tanah yang subur dan banyak mengandung bahan organik dan biasanya terletak di lereng-lereng gunung atau perbukitan.

Untuk menambah pemahamanmu silahkan kalian jawab pertanyaan berikut ini!

1. Apa kesimpulan tentang tanaman padi dan teh di atas?

Pembahasan:
Tempat hidup tanaman padi dan teh berbeda.

2. Apa perbedaan antara tempat hidup tanaman padi dan teh?

Pembahasan:
Tanaman padi umumnya tumbuh di daerah yang berhawa panas, banyak mengandung uap air, dan curah hujan yang cukup. Sedangkan tanaman teh umumnya tumbuh di daerah pegunungan.

3. Menurutmu, apakah padi bisa tumbuh dengan baik di pegunungan? Sebaliknya, apakah teh bisa tumbuh dengan baik di sawah? Jelaskan alasanmu!

Pembahasan:
Tanaman padi tidak dapat tumbuh baik di pegunungan karena tanaman padi perlu tanah berlumpur yang subur dan padi juga perlu pengairan.
Demikian pula dengan tanaman teh tidak akan dapat tumbuh dengan baik di sawah karena tanaman teh tempat hidupnya di lereng-lereng gunung atau perbukitan.

4. Apakah keadaan alam (iklim dan bentuk muka bumi) mempengaruhi pertumbuhan tanaman? Jelaskan!

Pembahasan:
Ya, keadaan alam (iklim dan bentuk muka bumi) sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Karena jika tanaman tersebut ditanam pada keadaan alam yang tidak sesuai maka pertumbuhan tanaman akan terhambat bahkan bisa menyebabkan tumbuhan tersebut mati.

5. Sebelum menanam tumbuhan tertentu apa saja yang perlu diperhatikan agar tumbuhan dapat tumbuh dengan baik?

Pembahasan:
Sebelum menanam tumbuhan hal yang perlu kita perhatikan: kualitas bibit tanaman yang akan ditanam, kualitas tanah atau lahan dimana tumbuhan akan ditanam, kondisi lingkungan (suhu) dan cuaca.

Demikian pembahasan mengenai Apa Kesimpulanmu Tentang Tanaman Padi dan Teh di Atas? Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *