Akurat dan Terpercaya
Tren  

Apa Itu Weton?

Apa itu weton?

OSNIPA.COM – Hai pengunjung Osnipa, berikut ini kami akan membahas Apa Itu Weton?

Apa Itu Weton?

Weton adalah istilah yang berasal dari bahasa Jawa yang merujuk pada penentuan hari baik dan hari buruk dalam kalender Jawa berdasarkan perhitungan dari kombinasi hari dan pasaran. Dalam tradisi Jawa, weton digunakan untuk menentukan waktu yang tepat untuk melakukan suatu acara atau kegiatan seperti pernikahan, kelahiran, upacara adat, atau memulai usaha.

Dalam budaya Jawa, weton memiliki peran penting dalam menentukan keberuntungan seseorang dan diyakini dapat mempengaruhi jalannya hidup. Oleh karena itu, weton masih sering digunakan dalam berbagai acara dan kegiatan tradisional Jawa hingga saat ini.

Weton terdiri dari dua unsur, yaitu hari dan pasaran. Hari dalam weton terdiri dari tujuh hari dalam seminggu, yaitu Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Sedangkan pasaran terdiri dari lima jenis, yaitu Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon. Setiap pasaran memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan diyakini mempengaruhi keberuntungan seseorang pada hari tersebut.

Untuk menentukan weton, pertama-tama kita perlu mengetahui hari lahir seseorang. Kemudian, hari lahir tersebut akan dipadukan dengan pasaran pada hari tersebut. Sebagai contoh, jika seseorang lahir pada hari Kamis Pon, maka weton dari orang tersebut adalah Kamis Legi.

Dalam penggunaannya, weton sering digunakan sebagai acuan untuk menentukan hari baik dan hari buruk dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, ketika akan mengadakan pernikahan, weton akan digunakan untuk menentukan tanggal yang tepat agar pernikahan tersebut berjalan lancar dan mendapat berkah.

Selain itu, weton juga sering digunakan dalam berbagai upacara adat Jawa seperti upacara pernikahan, khitanan, atau selamatan. Weton juga digunakan dalam memulai usaha atau proyek baru, karena diyakini dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan proyek tersebut.

Meskipun weton sering digunakan dalam tradisi Jawa, namun penggunaannya masih terbatas di kalangan tertentu saja dan tidak seumum penggunaan kalender Gregorian seperti yang digunakan secara internasional. Namun, weton masih merupakan bagian dari kebudayaan Jawa yang kaya dan beragam.

Demikian pembahasan mengenai Apa Itu Weton? Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *