Menu
Akurat dan Terpercaya

Alat Gerak Hewan di Sekitar dan Fungsinya

  • Share
Alat Gerak Hewan di Sekitar dan Fungsinya

Hai adik-adik kelas 5 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai materi Alat Gerak Hewan dan Fungsinya. Semoga bermanfaat.

Alat Gerak Hewan dan Fungsinya

1. Kucing

Alat gerak kucing adalah kaki. Kaki kucing berfungsi untuk bergerak, seperti jalan, lari, melompat, memanjat, dan menerkam mangsa. Kaki bagian belakang merupakan pendorong yang kuat. Kucing memiliki telapak kaki yang berbentuk lucu dan dikenal dengan istilah paw. Paw bersifat lunak dan kenyal. Paw berfungsi sebagai reseptor yang menjadikan kucing mampu merasakan getaran, tekstur permukaan, tekanan, dan gerakan di sekitarnya. Ini berfungsi bagi kucing untuk mengetahui apakah ada mangsa atau ancaman di sekitarnya. Paw berfungsi meredam suara kaki saat kucing melangkah, sehingga tidak mudah diketahui musuhnya.

2. Kelinci

Alat gerak kelinci adalah kaki. Fungsi utama kelinci untuk bergerak. Kelinci bergerak dengan meloncat dengan menggunakan kaki. Kaki belakang kelinci lebih kuat dan panjang dibandingkan dengan kaki depannya.

3. Katak

Alat gerak katak yaitu tungkai kaki. Katak memiliki tungkai belakang yang jauh lebih besar daripada tungkai bagian depan. Fungsi tungkai belakang katak untuk melompat, sehingga strukturnya lebih kokoh. Tungkai depan berfungsi sebagai penahan tubuh saat mendarat. Katak punya tulang belakang yang panjang dan otot yang kuat, sehingga katak dapat melpompat tinggi. Katak juga mempunyai selaput renang yang memberikan tekanan kuat saat berada dalam air, sehingga katak dapat bergerak.

4. Ikan

Alat gerak ikan sirip dan ekor. Sirip berfungsi untuk bergerak di dalam air (berenang). Sirip membantu ikan bergerak ke depan, berbelok, atau berbalik arah di dalam air. Ekor ikan fungsinya memberikan daya dorong, menambah kecepatan dan akselerasi saat berenang.

5. Burung

Alat gerak burung adalah sayap dan kaki. Sayap digunakan burung untuk terbang. Burung akan mengepakkan sayapnya saat terbang. Sayap burung merupakan modifikasi pada lengan depan yang tertutup oleh bulu dan dapat dikepakkan untuk menimbulkan gaya angkat, sehingga burung dapat terbang. Kaki berfungsi untuk bertengger di ranting dan menerkam mangsa. Untuk jenis burung tertentu, kaki berfungsi untuk berjalan dan berenang di air. Kaki jenis burung ini memiliki selaput.

6. Ular

Alat gerak ular adalah rangka tubuh. Rangka tubuh menjadi penopang gerak ular. Ular menggerakkan otot-otot pada rangka tubuhnya ke kiri dan ke kanan untuk berpindah tempat. Tulang badan ular tersusun dari ratusan ruas tulang belakang. Adapun tulang rusuk dan tulang belakang ular dihubungkan oleh otot-otot yang elastis.

7. Kadal

Alat gerak kadal tungkai kaki. Tungkai kaki berfungsi untuk bergerak (berjalan/lari) di permukaan tanah.

Selanjutnya tugas ananda adalah,

  1. Amatilah jenis-jenis hewan disekitar tempat tinggalmu!
    Tulliskan 5 nama hewan yang kamu amati?
  2. Tuliskan alat gerak yang pada hewan tersebut!
  3. Jelaskan fungsi alat gerak dari hewan yang kamu amati

Pembahasan:

NoNama HewanAlat GerakFungsinya
1.AyamKaki dan sayapKaki berfungsi untuk berjalan, sementara sayap berfungsi untuk mendukung alat gerak yaitu menjaga keseimbangan tubuh.
2.CecakKakiCecak memiliki kaki yang berperekat yang berfungsi membantu cecak saat merayap di tembok
3.Kupu-kupuSayapSayap berfungsi membantu kupu-kupu untuk terbang.
4.AnjingKakiKaki berfungsi untuk berjalan, berlari, maupun melompat
5.BebekKakiKaki bebek berselaput berfungsi untuk mempermudah berjalan di daerah berlumpur serta membantu bebek saat berenang di air.

Demikian pembahasan mengenai Alat Gerak Hewan di Sekitar dan Fungsinya. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *